Hari Pertama Sekolah, Ada Ular Tangga di SDN 05 Pagi Rorotan

Guru mengajak siswa keliling SDN 05 Pagi Rorotan di hari pertama sekolah, Senin, 18 Juli 2016.
Sumber :
  • VIVA.co.id / Danar Dono

VIVA.co.id – Tahun ajaran baru 2016/2017 dimulai hari ini, Senin, 18 Juli 2016. Para orangtua di Sekolah Dasar Negeri (SDN) 05 Pagi Rorotan, Jakarta Utara, turut mengantarkan anak mereka pada hari pertama masuk sekolah.

Tips Agar Anak Tak Rewel dan Takut Masuk ke Sekolah

Tak hanya itu. Direktorat Pembinaan Pendidikan Keluarga Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan (Kemendikbud) Republik Indonesia bersama Yayasan Sayangi Tunas Cilik juga mendatangi sekolah itu. Mereka mengadakan acara bertajuk "#haripertamasekolah".

Dalam acara tersebut, ratusan murid kelas 1 SD dikumpulkan di lapangan sekolah. Mereka mendengarkan dongeng serta hiburan berupa cerita boneka. Selain itu, para guru mengajak mereka keliling di lingkungan sekolah. Hal itu dilakukan agar mereka mengenal lingkungan sekolah.

Sebanyak 898 ASN DKI Izin Terlambat karena Antarkan Anak ke Sekolah

Mereka keliling mulai dari ruang kelas, koridor sekolah, perpustakaan, kamar mandi, dan ruang lainnya. Acara school tour tersebut dikemas dengan cara berbaris ala Ular Tangga.

"Acara ini sangat positif dan kami sambut baik dari Kemendikbud. Acara ini penting untuk membantu murid mengenal lingkungan sekolahnya dan menumbuhkan rasa percaya dirinya," ujar Direktur Pembinaan Pendidikan Keluarga Kemendikbud Sukirman.

Hari Pertama Pengenalan Sekolah, Mendikbud Minta Tak Ada Kekerasan

Acara sejenis, menurut  Program Manager Yayasan Sayangi Tunas Cilik, Didiek Eko Yuana, juga diadakan di beberapa sekolah lain di Jakarta Utara.

"Acara ini juga kita gelar di 20 SD lainnya di Pademangan, Koja, Pejaringan. Kami mendukung kampanye #Haripertamasekolah yang juga digaungkan oleh Kemendikbud. Kami buat acara yang ramah dan aman," ujar Didiek.

Saat para murid diajak berkeliling sekolah, para orangtua siswa dikumpulkan di salah satu ruang kelas untuk diberikan penyuluhan oleh guru. Penyuluhan itu tentang pentingnya peran orangtua dalam pendidikan anak di sekolah barunya. (ase)

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya