Rekonstruksi, Istri 'Ngakak' Lihat Anwar Pakai Lipstik

Anwar (berkerudung) dalam reskonstruksi kaburnya dari Rutan Salemba
Sumber :
  • VIVA.co.id/Bayu Januar

VIVA.co.id – Ade Irma Suryani, istri Anwar alias Rizal, narapidana yang kabur dari Rumah Tahanan Salemba, Jakarta, sempat tertawa saat keduanya menjalani rekonstruksi atau reka ulang adegan, Minggu, 17 Juli 2016.

Jebol Plafon, 8 Napi Narkoba Polres Serdang Bedagai Kabur

Ade Irma tertawa lantaran satu adegan rekonstruksi, saat sang suami menggoreskan lipstik di bibirnya. Menggoreskan lipstik adalah adegan ke-22 dari 36 adegan rekonstruksi pelarian tersebut.

Dalam adegan tersebut, Ade Irma sempat menahan tawa melihat aksi suaminya tersebut. Namun, saat seorang polisi berteriak 'mirip Aming ya', tawa Ade pecah juga. Lupa kalau dirinya adalah tersangka pula dalam kasus pelarian Anwar dan orang yang membantu suaminya kabur dari Rutan Salemba.

Hasil Autopsi: Napi China Cai Changpan Tewas 12 Jam Sebelum Ditemukan

Kepala Subdit Resmob Ditreskrimum Polda Metro Jaya, Ajun Komsaris Besar Polisi Budi Hermanto mengatakan, rekonstruksi tersebut dilakukan untuk melengkapi berkas perkara Ade Irma yang dijerat pasal 221 dan Pasal 223 KUHP tentang membantu tahanan kabur.

"Ancaman hukuman terhadap Ade adalah 2,8 tahun penjara," kata Budi usai rekonstruksi di Rutan Salemba, Jakarta Pusat, Minggu 17 Juli 2016.

Kapolda Metro: Cai Changpan Gantung Diri karena Terdesak

Namun, kata Budi, untuk sementara Ade Irma tak ditahan dan hanya diwajibkan wajib lapor dua kali dalam sepekan. "Dia hanya kami wajibkan melapor dua kali dalam sepekan saja," kata Budi.

Sebelumnya diberitakan, Anwar kabur dari Rutan Salemba dengan bantuan istrinya, Ade Irma Suryani yang membawakannya baju gamis dan jilbab. Untuk menyempurnakan kaburnya dari Rutan, lengan Anwar ditempeli cap tanda besukan yang menempel pada lengan istrinya dan memakai lipstik serta kacamata.

Dalam pelariannya, Anwar sempat mengunjungi sejumlah tempat saudara dan beberapa kerabatnya. Namun akhirnya pelariannya berakhir di Barengkok Cina, Desa Tenjo, Jasinga, Kabupaten Bogor pada Kamis 14 Juli 2016 lalu.

Hari ini pihak Polda Metro Jaya bersama Polres Metro Jakarta Pusat, Polsek Cempaka Putih dan Rutan Salemba melaksanakan rekonstruksi kaburnya Anwar dari Rutan.

Sebanyak 36 adegan diperagakan keduanya mulai dari awal istri Anwar, Ade Irma Suryani datang menjenguk hingga keduanya kabur dengan Bajaj ke Tanah Abang. (ase)

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya