Ini Alasan Anwar Sang Napi Nekat Kabur dari Rutan

Narapidana yang kabur dari Rumah Tahanan Salemba, Anwar alias Rizal, berhasil ditangkap.
Sumber :
  • Istimewa

VIVA.co.id – Anwar alias Rizal, narapidana kasus perkosaan dan pembunuhan yang kabur dari rumah tahanan (rutan) Salemba pada Kamis, 7 Juli 2016 lalu, telah berhasil diringkus tim Resmob Ditreskrimum Polda Metro Jaya pada Kamis sore, 14 Juli 2016. Anwar dicokok di rumah keluarganya, di Desa Batok, Kampung Barengkok, Kecamatan Tenjo, Kabupaten Bogor, Jawa Barat.

Kakanwil Kumham: Tahanan Kabur di LPKA Jambi Karena Tak Dijaga Polisi

Anwar hanya bisa tertunduk saat ditangkap di rumah semi permanen, tempat dia bersembunyi. Ketika ditanya awak media, Anwar mengungkapkan alasannya kabur dari rutan. Dia mengaku terpaksa kabur dari rutan lantaran ingin menjenguk orang tuanya yang sedang sakit.

“Namanya juga Lebaran, kepingin ketemu orang tua, lagi sakit juga orang tua saya, sakit stroke," kata Anwar di depan rumah tersebut, Kamis, 14 Juli 2016.

Awal Mula Terungkapnya Puluhan Tahanan Polres Batanghari Kabur

Ketika mencoba dikonfirmasi ke keluarga Anwar, salah satu kakak Anwar bernama Nining (33) membenarkan orang tua mereka sedang sakit. Kendati demikian, dia tidak mendukung langkah Anwar untuk kabur dari rutan.

"Iya memang orang tua sedang sakit. Sudah lama juga sakitnya," ujar Nining.

Puluhan Tahanan Polres Batanghari Kabur dari LPKA Jambi

Namun, pihak kepolisian tidak percaya begitu saja. Direktur Reserse Kriminal Umum dari Polda Metro Jaya, Kombes Pol Krishna Murti mengatakan, akan terus mendalami dan melakukan pemeriksaan terkait pengakuan tersebut.

"Ya alasan apa saja kan bisa dibuat. Nanti kita akan dalami lagi. Kita tidak percaya begitu saja dengan apa yang dikatakan dia (Anwar)," ujar dia.

(ren)

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya