Istri Pembunuh Anak yang Kabur dari Salemba Tak Ditahan

Lembaga Pemasyarakatan Salemba
Sumber :
  • VIVAnews/Anhar Rizki Affandi

VIVA.co.id – Ade Irma Suryani, wanita yang membantu suaminya Anwar alias Rijal (26 tahun) kabur dari Rumah Tahanan Salemba, Jakarta Pusat, telah ditetapkan sebagai tersangka dalam kaburnya tahanan kasus pencabulan disertai pembunuhan terhadap anak itu.

Napi Pemerkosa Pulang ke Rutan Salemba Setelah Sempat Kabur

Meski Ade sudah tersangka, tapi pihak kepolisian tidak melakukan penahanan terhadap Ade. "Tidak ditahan, tidak ada penahanan, hanya kami minta keterangan dan saat ini masih dilidik, nanti ada penjemputan untuk minta keterangan," kata Kasubdit Resmob Ditreskrimum Polda Metro Jaya, AKBP Budi Hermanto, Selasa 12 Juli 2016.

Budi mengatakan, saat ini kepolisian masih terus melakukan pencarian terhadap pembunuh seorang anak perempuan berumur 12 tahun. Keberadaan Anwar pun saat ini masih belum diketahui.

Rekonstruksi, Istri 'Ngakak' Lihat Anwar Pakai Lipstik

"Belum, sampai saat ini belum diketahui (posisi Anwar), masih kita cari,"katanya.

Untuk semakin mempersempit ruang gerak Anwar, Budi mengatakan, diperlukan partisipasi dari masyarakat. Budi mengimbau masyarakat untuk membantu memberikan informasi bila melihat pelaku.

Anwar dan Istri Kabur dari Rutan Naik Bajaj

"Imbauan agar masyarakat cepat memberitahukan kalau melihat pelaku," ujarnya.

Anwar melarikan diri dari Rutan Salemba dengan dibantu istrinya yang datang membesuknya pada Kamis 7 Juli 2016. Anwar diketahui, bisa lolos dari penjara, berkat penyamarannya. Saat akan keluar dari Rutan Salemba, Anwar mengenakan pakaian wanita dan dilengkapi jilbab.

Saat datang membesuk Anwar, Ade membawa kue Lebaran serta baju gamis dan jilbab. Lalu, ia langsung masuk ke dalam tanpa diawasi sama sekali.

Saat bertemu dengan Anwar, keduanya langsung bercengkerama di ruang khusus pembesuk. Satu jam kemudian, Ade pulang bersama buah hati mereka yang masih bayi.

Menjelang Magrib, Anwar pura-pura salat dengan mengenakan gamis dan penutup kepala. Namun, bukannya salat, ia malah kabur lewat pintu depan.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya