Jalur Kalimalang ke Pantai Utara Mulai Lengang

Jalur alternatif Kalimalang.
Sumber :
  • VIVA/Bayu Nugraha

VIVA.co.id – Kondisi lalu lintas arus mudik pada H-3 Lebaran, Minggu, 3 Juli 2016, di Jalan Raya Kalimalang menuju Pantai Utara maupun Tol Jakarta-Cikampek, sampai saat ini lancar karena volume kendaraan sudah berkurang drastis dari dua hari sebelumnya.

Kemenhub: Ada 16 Titik Macet Jelang Lebaran

"Untuk hari ini, sampai sekarang sudah tak terlihat kepadatan kendaraan di semua ruas jalan, begitu juga tol. Tidak seperti dua hari kemarin mas," ungkap Kasatlantas Polresta Bekasi Kompol Suparidi, Minggu, 3 Juli 2016.

Penurunan volume kendaraan ini terlihat dari data petugas di depan check point Kedungwaringin, tercatat ada 900 kendaraan melintas dalam setiap jam. "Bahkan, untuk kendaraan R4 yang melintas di pos check point Kedungwaringin hanya ada 4 kendaraan pemudik," jelasnya.

Daftar Lengkap Kendaraan yang Terlibat Kecelakaan Mudik

Meski begitu, kepolisian masih mengantisipasi adanya kemungkinan meningkatnya volume kendaraan pemudik kembali, hingga sampai takbiran. "Kita masih antisipasi lonjakan kendaraan, sampai malam takbiran. Kemungkinan bisa saja meningkat," ucapnya.

Sebanyak lima kecelakaan selama arus mudik tahun ini, atau hingga memasuki H-3 sebelum Hari Raya Idul Fitri 1437 H, terjadi di wilayah Kabupaten Bekasi.

Posko Angkutan Lebaran 2016 Resmi Ditutup

Sementara itu, selama arus mudik Lebaran ini, hingga H-3 telah 5 kasus kecelakaan terjadi di wilayahnya. Namun, tak ada yang menimpa pemudik, karena kasus kecelakaan itu tidak terjadi pada jalur perlintasan arus mudik.

"Tidak ada yang melibatkan pemudik. Bahkan, kasus kecelakaan itu pun tidak terjadi di jalur mudik tetapi di jalan kawasan maupun lingkungan masyarakat," jelasnya.

Demi menjaga keamanan selama perjalanan, kata Suparidi, pihaknya sudah sering kali menyampaikan imbauan agar selalu memperhatikan keselamatan di jalan raya.

"Untuk imbauan kepada pengendara terus kami sosialisasikan, agar memperhatikan safety riding. Dan untuk pemudik, imbauan itu diberikan dan dicek petugas pada saat melintas di check point," jelas Suparidi.

Untuk memastikan keselamatan itu, kepolisian diminta bekerja maksimal agar dapat memeriksa semua kendaraan pemudik, saat berada di check point.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya