Djarot: Ada Orang Dalam Terlibat di Kasus Lahan Cengkareng

Wakil Gubernur Jakarta Djarot Saiful Hidayat
Sumber :
  • VIVA.co.id/M. Ali. Wafa

VIVA.co.id – Wakil Gubernur DKI Jakarta Djarot Saiful Hidayat mengatakan, masalah pembelian lahan Cengkareng yang kini dicurigai melibatkan uang suap adalah hasil permainan orang luar dan dalam (dinas perumahan DKI).

Djarot: Saya Ikut Paraf Penetapan Lahan Rusunawa Cengkareng

"Ada keteledoran yang keterlaluan, bahkan mungkin keteledoran yang disengaja sehingga dicurigai ada permainan. Ada pihak yang bermain memanfaatkan keadaan ketika Pemprov kini memiliki kebijakan memperbanyak rumah susun dengan membeli lahan," kata Djarot yang ditemui di Stasiun Pasar Senen, Sabtu, 2 Juli 2016.

Mafia seperti ini, ujar Djarot, tidak hanya melibatkan orang luar tetapi juga orang dalam. Sebab oknum pasti mendapatkan data dari orang dalam. Mantan Wali Kota Blitar ini telah meminta kepada BPK, KPK dan Bareskrim untuk segera melakukan investigasi.

KPK Masih Gali Data Kasus Pembelian Lahan di Cengkareng

"Saat ini sedang diperiksa, diinvestigasi. Kami minta data ke BPK, KPK dan Bareskrim mengenai pihak-pihak yang terlibat. Sehingga siapa pun yang terlibat dihukum, karena proses seperti ini sering kali terjadi di DKI," ujar dia.

Pembelian lahan Cengkareng yang rencananya dijadikan lokasi pembangunan kompleks rumah susun sederhana sewa bermasalah setelah Badan Pemeriksa Keuangan (BPK) RI menemukan lahan yang telanjur dibeli adalah milik Dinas Kelautan, Pertanian, dan Ketahanan Pangan DKI.

Kejaksaan Serahkan Kasus Lahan Cengkareng ke Bareskrim

Dinas Perumahan melakukan pembelian pada bulan November 2015. Dana pembelian bersumber dari Anggaran Pendapatan dan Belanja Daerah (APBD) DKI 2015.

Gubernur DKI Jakarta, Basuki Tjahaja Purnama atau Ahok, mencurigai gratifikasi sebagai bentuk pemulus pembelian lahan. Ahok telah meminta BPK mengaudit investigasi. Ahok juga mengatakan Pemerintah Provinsi DKI telah melapor kepada Badan Reserse Kriminal (Bareskrim) Mabes Polri untuk melakukan penyelidikan.

Rusunawa Tambora. Ilustrasi

Cari Tersangka, Polri Usut Sertifikat Lahan Cengkareng

Sudah dua bulan berjalan, belum ada tersangka dalam kasus korupsi ini.

img_title
VIVA.co.id
5 Oktober 2016