Rumah Kerajinan Dodol Lebaran Ludes Terbakar di Depok

Rumah produsen dodol Lebaran kebakaran di Jalan Pipit, Beji Timur, Depok, Jawa Barat, pada Jumat dini hari, 1 Juli 2016.
Sumber :
  • VIVA.co.id/Zahrul Darmawan

VIVA.co.id - Suatu tempat industri rumahan pembuat dodol di Jalan Pipit, Beji Timur, Depok, Jawa Barat, ludes dilalap api pada Jumat dini hari, 1 Juli 2016. Api diduga berasal dari ledakan kompor yang disebabkan bocornya tabung gas tiga kilogram.

Andi Gani Dorong Markas Brigade KSPSI Jadi Garda Terdepan Perjuangkan Hak Buruh

Menurut Kepala Kepolisian Sektor Beji, Komisaris Polisi Ni Gusti Ayu, peristiwa kebakaran bermula ketika pemilik rumah, Nurhasanah, sedang membuat dodol pesanan untuk Lebaran. Dia tak mengira hawa panas wajan bakal menyambar selang tabung gasnya yang bocor.

“Api langsung membesar, beruntung korbannya sempat lari menyelamatkan diri. Tidak ada korban jiwa, karena seluruh penghuni rumah berhasil keluar,” kata Ayu.

Polda Jabar Prediksi Puncak Arus Mudik Terjadi Mulai 6 April 2024

Besarnya api sempat membuat panik warga sekitar. Mereka khawatir api merambat ke permukiman lain. Dengan alat seadanya, sang pemilik rumah, dibantu sejumlah warga berusaha menjinakkan kobaran api. Namun karena api terlalu besar, warga pun kewalahan.

“Api baru bisa dijinakkan setengah jam kemudian dibantu lima unit mobil Damkar (Pemadam Kebakaran). Saat ini kasusnya sedang kami dalami. Dugaan sementara karena kebocoran gas,” kata Ayu.

Giliran Pangandaran Digoyang Gempa, Terasa Sampai Banyumas dan Kebumen

Ayu pun mengimbau kepada para pelaku usaha dodol rumahan untuk lebih berhati-hati dan waspada agar kejadian serupa tidak terjadi lagi. Dia mengingatkan warga selalu memeriksa selang dan tabung gas untuk selalu untuk memastikan tidak ada yang rusak atau bocor.

“Letakkan tabung di lokasi yang terbuka, jangan tertutup, agar jika terjadi gas bocor bisa keluar,” ujar Ayu.

(ren)

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya