15 Polisi Diduga 'Sweeping' Jakmania, Ini Penjelasan Polda

Ilustrasi kerusuhan suporter di stadion.
Sumber :
  • ANTARA FOTO/Wahyu Putro A

VIVA.co.id – Sebanyak 15 anggota Polda Metro Jaya dari berbagai satuan diamankan di Jalan Saharjo dan Jalan Minangkabau, Jakarta Selatan, Minggu, 26 Juni 2016 sekitar pukul 03.00 WIB. Mereka diamankan karena diduga akan melakukan aksi sweeping terhadap anggota The Jakmania.

Mau Ganggu Jakmania Berpesta, OTK Bentrok vs Polisi

Kepala Subdit Kejahatan dan Kekerasan (Jatanras) Direktorat Reserse Kriminal Umum Polda Metro Jaya Ajun Komisaris Besar Polisi Hendy F Kurniawan mengatakan, para anggota tersebut tidak sedang ingin melakukan sweeping terhadap Jakmania.

Menurutnya, mereka mendengar informasi bahwa ada satu orang anggota Brimob yang diculik oleh The Jakmania dan mereka pun ingin mencari anggota itu.

Persija Jakarta, 'Raja' Denda di TSC

"Mereka mendengar informasi ada satu anggota Brimob yang diculik. Makanya para anggota itu ingin mencari anggota Brimob yang katanya diculik itu, bukan sweeping," ujar Hendy kepada wartawan di Mapolda Metro Jaya, Selasa malam, 28 Juni 2016.

Hendy menuturkan, informasi tentang penculikan tersebut beredar setelah ditemukan satu tas yang diduga milik salah seorang anggota The Jakmania. Di dalam tas itu ada baju seragam Brimob, serta telepon genggam milik salah satu anggota Brimob bernama Wawan.

Sikap Kemenpora Terkait Bentrok Jakmania di Tol Palimanan

"Ada seragam dan HP milik salah satu anggota Brimob yang ditemukan di tas milik Jakmania yang jatuh di sekitaran GBK. Di dalam tas itu juga ditemukan atribut The Jakmania," ucapnya.

Sebelumnya, Polres Metro Jakarta Selatan mengamankan 15 oknum polisi yang diduga akan melakukan sweeping anggota The Jakmania, Minggu 26 Juni 2016 dini hari, di Jalan Saharjo atau Jalan Minangkabau.

Sebanyak 15 oknum polisi tersebut diduga akan melakukan sweeping anggota The Jakmania. Saat ini, 15 oknum tersebut masih dalam tahap pemeriksaan di Bidang Profesi dan Pengamanan (Bid Propam) Polda Metro Jaya.

Para anggota kepolisian tersebut terdiri atas anggota Bidang Humas Polda Metro Jaya, Detasemen Gegana Polda Banten, Brimob Polda Banten, Sabhara Polda Metro Jaya, Sabhara Polres Jakarta Timur, dan Ditpolair Polda Metro Jaya.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya