Cek Urine Minimalisir Human Error Sopir Bus Mudik

Ilustrasi suasana mudik menggunakan bus.
Sumber :
  • VIVA.co.id/Ahmad Rizaluddin

VIVA.co.id – Untuk menjamin keamanan selama mudik lebaran dan menekan angka kecelakaan lalu lintas, polisi dan instansi terkait akan melakukan pemeriksaan terhadap kelaikan armada angkutan umum. Sopir angkutan umum pun akan dicek urine mereka.

Positif Narkoba, 25 Sopir Bus Langsung Ditahan Polisi

"Kita persiapkan angkutan umum terutama yang akan digunakan untuk pemudik, terutama pengemudinya dan kendaraannya kita sudah lakukan penindakan maupun pengecekan dengan instansi terkait bagaimana kesiapan mudiknya," kata Wakil Direktur Lalu Lintas Polda Metro Jaya, Ajun Komisaris Besar Polisi Latif Usman, Senin, 27 Juni 2016.

Pemeriksaan dilakukan untuk memastikan sopir bebas narkoba dan alkohol saat mengemudi, membawa pemudik. "Sopir-sopirnya kita cek urinenya untuk memastikan mereka bebas dari narkoba dan alkohol," ujarnya.

Daftar Lengkap Kendaraan yang Terlibat Kecelakaan Mudik

Latif memastikan, sopir angkutan umum yang terbukti positif mengonsumsi narkotika atau minuman beralkohol akan dicabut izin jalannya.

"Faktor human error dari pengemudi menjadi salah satu faktor penyebab kecelakaan, ini yang kita hindari sehingga dicek urinenya agar betul-betul sopirnya bebas dari narkoba," ucapnya.

Musim Mudik di Sumut, Kecelakaan Naik Korban Berkurang

Untuk mengecek urine ini, polisi bersama Dinas Perhubungan DKI turun ke sejumlah terminal utama untuk menguji sopir bus lintas provinsi.

"Kami juga koordinasi dengan Organda bagaimana kesiapan pada pengemudinya, kita kemarin sudah ke beberapa terminal besar seperti Kampung Rambutan, Pulogadung, dan Kalideres. Semua kita lakukan secaraa mendadak mana bus untuk mudik kita cek laik apa tidak kendaraannya, kita periksa surat-suratnya, sopirnya juga," katanya.

Kecelakaan maut bus Rosalia Indah di tol (Dok. Istimewa)

Polisi Sudah Cek Urine Sopir Bus Rosalia Indah, Ini Hasilnya

Polisi memeriksa sopir bus Rosalia Indah usai peristiwa kecelakaan tunggal di di Jalan Tol Km 370 A Tol Batang-Semarang, Jawa Tengah pada Kamis pagi, 11 April 2024.

img_title
VIVA.co.id
11 April 2024