Didukung Tiga Parpol, Ahok Tetap Pilih Independen

Partai Golkar dukung Basuki Tjahaja Purnama di Pilkada Jakarta 2017.
Sumber :
  • VIVA.co.id/ Filzah Adini Lubis.

VIVA.co.id – Keputusan Gubernur DKI Jakarta, Basuki Tjahaya Purnama, untuk maju melalui jalur independen belum tergoyahkan. Meskipun terus mendapat dukungan partai politik, Ahok, sapaan Basuki, mengaku akan terus berada di jalur independen.

Golkar Ngotot Ajukan Kader Internal di Pilgub Jakarta 2024

Hal itu disampaikannya untuk membuktikan kepada Teman Ahok, jaringan relawan pendukungnya, bahwa dirinya tidak berpaling ke partai politik.

"Kita mau ketemu Teman Ahok, mau ngomong dulu. Karena kan Teman Ahok kan kesel kan, satu-satunya cara membuktikan ya lewat independen," kata Ahok di Kawasan Kota Tua, Jakarta, Sabtu 25 Juni 2016.

Unggah Foto Jokowi dan Ahok, Fadli: Sejarah Simpan Misteri

Hingga saat itu, setidaknya tiga partai politik telah menyatakan dukungan kepada Ahok. Mereka yaitu partai Nasdem, Hanura, dan Golkar.

Jumlah kursi DPRD Jakarta yang dikuasai ketiga partai itu sebenarnya sudah cukup untuk mengantar Ahok maju melalui partai politik. Namun, ketiga partai itu tidak mempermasalahkan jalur yang ditempuh Ahok untuk maju dalam Pilkada DKI Jakarta 2017.

Buya Syafi'i soal Ganjar: Layak, kalau Tak Dipanggil Jakarta

Sementara itu, terkait adanya pengakuan mantan Teman Ahok yang membongkar sistem kerja pengumpulan KTP dengan bayaran, Ahok menduga hal itu adalah ulah lawan politiknya.

"Ya mereka sudah ngaku kok, mereka (eks teman Ahok) anak ormas. Sistem Teman Ahok itu bagus, yang nggak benar tuh langsung ketangkap (dikeluarkan)," kata dia.

(ren)

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya