Dua Penyebab Kemacetan Saat Mudik Lebaran

Ilustrasi/Kemacetan di gerbang tol saat mudik.
Sumber :
  • ANTARA/Dedhez Anggara

VIVA.co.id – Polda Metro Jaya mengerahkan 6.984 personel guna mengamankan jalannya mudik Lebaran 2016. Dalam operasi yang dinamakan operasi Ramadaniya, tak hanya jalur mudik pengguna sepeda motor yang menjadi fokus pengamanan. Pengamanan di jalan tol juga menjadi fokus polisi.

Tips Mudik Anti Loyo Saat Puasa di Tol, Simak Rahasianya!

Kapolda Metro Jaya, Inspektur Jenderal Polisi Moechgiyarto, mengatakan, akan menempatkan pos pengamanan terutama di rest area yang menjadi salah satu penyebab kemacetan.

"Di tol juga ada pos pengamanan, di rest area kita ada pos pengamanan dan di wilayah kita (Polda Metro Jaya) ada dua rest area, yaitu KM 19 dan KM 39," kata Moechgiyarto kepada wartawan, Kamis, 23 Juni 2016.

Siap-Siap Kepadatan Arus Balik, Ini Tips Perjalanan Nyaman Bagi Ibu Hamil

Dia pun mengatakan, akan mengantisipasi jika terjadi kemacetan yaitu dengan menutup rest area.

"Kalau sudah padat, otomatis kita tutup, karena salah satu penyebab kemacetan karena ngantre masuk rest area, maka kita percepat, nanti yang di dalam dia akan bergerak seterusnya," katanya.

8 Tips agar Mudik Tak Membosankan Saat Terjebak Macet

Selain rest area, gerbang tol juga menjadi perhatian aparat kepolisian. Hal tersebut dikarenakan gerbang tol juga menjadi salah satu penyebab kemacetan.

"Kita akan jemput bola. Itu salah satu cara jika nanti ada penumpukan-penumpukan kendaraan dan kemacetan di gerbang tol, contra flow kita lakukan juga," ujarnya.

All New Suzuki Ertiga Hybrid

5 Cara Bikin Mobil Nyaman Walau Kondisi Jalanan Macet saat Mudik Lebaran

Arus mudik lebaran 2024 sudah mulai berlangsung & terjadi beberapa kemacetan di beberapa titik jalur mudik. Walau begitu, ada beberapa cara tetap nyaman berada di mobil.

img_title
VIVA.co.id
8 April 2024