Tulis 'Allah Bukan Orang Arab,' Dosen UI Diadukan ke Polisi

Ade Armando
Sumber :
  • VIVA.co.id/Facebook

VIVA.co.id – Pakar komunikasi dari Universitas Indonesia (UI), Ade Armando, harus menghadap ke Polda Metro Jaya pada Kamis 23 Juni 2016, pukul 10.00 WIB. Pemanggilan Ade itu sebagai saksi berkaitan dengan tuduhan bahwa ia melakukan penistaan terhadap agama melalui media elektronik.

Pelapor Ade Armando Juga Pelapor Sukmawati

"Yang melaporkan saya adalah Johan Khan (karyawan CT Corp) pada 23 Mei 2015. Ia menganggap saya menista agama karena dalam status FB saya (20 Mei 2015) saya menulis: Allah kan bukan orang Arab. Tentu Allah senang kalau ayat-ayatNya dibaca dg gaya Minang, Ambon, Cina, Hiphop, Blues ...," kata Ade dalam akunnya di Facebook, Rabu 22 Juni 2016.

Ade Armando Bersyukur Kasus 'Allah Bukan Orang Arab' Disetop

Foto: Postingan Ade Armando di Facebooknya.

Menurut Ade, status itu dibuat sebagai dukungannya terhadap gagasan Menteri Agama untuk mengadakan festival baca Al Quran dengan langgam Nusantara. Namun kemudian, kata dia, pihak yang menggugatnya menyerang dia di media sosial dengan tuduhan bahwa dia telah menyamakan Tuhan dengan manusia.

Mirip Ahok, Ade Armando Bangga jadi Tersangka

"Saya jelas-jelas bilang, 'Tuhan bukan orang Arab'. Kok kesimpulannya saya menyamakan Tuhan dengan manusia?" ujar Ade dalam tulisannya.

Ade mengatakan, pasal yang digunakan untuk melawannya adalah pasal 28(2) UU Informasi dan Transaksi Elektronik atau pasal 156A KUHP. Menurutnya penggunaan pasal itu justru malah membingungkannya.

"Pasal 28(2) UU ITE bicara tentang penyebaran kebencian atau permusuhan atas dasar SARA. Lhok, kok SARA? Tapi terlepas dari kebingungan ini, saya tentu akan datang ke Polda Jaya," kata Ade.

(ren)

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya