Bayi Hilang Saat Operasi, RS: USG Tak Bisa Dipercaya 100%

Rumah Sakit Harapan Jayakarta (RSHJ) konferensi pers soal bayi kembar hilang, Jumat, 17 Juni 2016.
Sumber :
  • VIVA.co.id/ Anwar Sadat

VIVA.co.id – Rumah Sakit Harapan Jayakarta (RSHJ) membantah telah melakukan kesalahan prosedur terkait dugaan hilangnya satu bayi kembar Raudiah Elva Ningsih (37) saat operasi kelahiran. 

Banyak Pasien Berobat ke Luar Negeri, Rumah Sakit di Indonesia Kini Dibuat Layaknya Hotel Bintang 5

Ketua Dewan Pengawasan RSHJ Hermawan Saputra mengatakan, pihaknya tidak melakukan pemeriksaan Ultrasonografi (USG) terhadap Raudiah sebelum melakukan persalinan. "Kami tidak ada (USG), tapi ada prosedur lain secara klinis yang menerangkan bahwa itu adalah bayi tunggal," kata Hermawan saat konferensi pers di RSHJ, Cakung, Jakarta Timur, Jumat, 17 Juni 2016.

Meskipun RSHJ telah melakukan prosedur klinis tersendiri, lanjut dia, hasil yang dikeluarkan masih dapat berubah. Bahkan, menurut Hermawan, hasil USG Raudiah yang menyatakan hamil kembar itu tidak bisa dipercaya sepenuhnya.

Parto Patrio Dilarikan ke Rumah Sakit

"Prosedur klinis itu, bahkan USG itu bukan alat hukum yang bisa dipercaya seratus persen melainkan atas kewenangan profesi medis untuk melakukan itu," ujarnya.

Terkait hasil USG Raudiah di rumah sakit Cawang dan Puskesmas Jatipadang di Pasar Minggu, Hermawan tidak mau berkomentar. "Itu wewenang Dinas Kesehatan DKI yang menyampaikannya," ujarnya.

Lecehkan Istri Pasien, Oknum Dokter di Palembang Jadi Tersangka

"Tapi kami secara klinis ini adalah bayi tunggal. Tidak ada penegakan untuk kembar, sama sekali tidak ada. Pokoknya itu saja.”

Presiden Jokowi bersama Menteri Sekretaris Kabinet Pramono Anung

Budi Gunadi Klaim Berhasil Jadi Menkes Karena Jokowi Tidak Pernah Masuk Rumah Sakit

Menteri Kesehatan Budi Gunadi Sadikin mengklaim telah berhasil menjadi pembantu Presiden Joko Widodo (Jokowi) dalam Kabinet Indonesia Maju periode 2019-2024. Sebab, Budi

img_title
VIVA.co.id
24 April 2024