Jual Bahan Pokok Berharga Miring, Pasar Murah Diserbu Warga

Ilustrasi Pasar Murah.
Sumber :
  • ANTARA/Prasetia Fauzani

VIVA.co.id - Pemerintah menggelar operasi pasar di 4.000 titik untuk seluruh Indonesia hari ini, Minggu, 12 Juni 2016. Antusiasme warga yang tinggi terlihat memadati pasar murah yang digelar dua titik. Titik pertama di sekitaran Pasar Minggu dekat Kantor Ditjen Holtikultura, dan titik kedua di sekitaran Pasar Cipete, Jakarta Selatan.

Pemudik Jawa Tengah Diimbau Pulang Lebih Awal

Berdasarkan pantauan VIVA.co.id, warga Jakarta rela antre sejak pagi tadi demi mendapatkan pangan kebutuhan pokok dengan harga miring yang digelar lewat Kementerian Pertanian tersebut.

Salah satu pembeli, Sumarni (42), mengaku telah menunggu dibukanya pasar murah ini. Informasi keberadaan pasar murah, didapatkan dari para tetangga.

SPBU Belum Cukup, Arus Balik Diimbau Tak Lewat Tol Cipali

"Udah nunggu dari kemaren sih, ada pasar yang jual daging murah katanya hari ini. Saya kan baru balik dari kampung jadi enggak tahu. Ya sudah, abis masak saya ke sini aja," tuturnya.

Sumarni membeli satu kilogram daging beku seharga Rp75 ribu. Kemudian beli bawang merah Rp25 ribu per kg, dan membeli cabe merah seharga Rp18 ribu per kg.

Lokasi 'Surganya' Pengemis Beraksi Selama Ramadan

"Lumayan di sini murah daging Rp75.000 sekilo. Kemaren mah kan Rp130.000," ujarnya.

Kemudian, hal yang sama juga dialami oleh Yono (41). Yono mengaku, pasar murah cukup membantunya yang berprofesi penjual soto. Dengan adanya operasi pasar ini, ia mendapatkan daging sapi dan daging ayam dengan harga yang murah.

"Ya untung ada pasar jual murah begini, saya kan jual soto di sekolah. Daging mahal yang beli anak sekolah kadang suka nggak tahu kalau dikit isinya, orang daging lagi mahal. Namanya anak sekolah. Saya beli nggak banyak, daging ayam cuma sama daging cuma 2 kilo aja," ujarnya.

Harga yang dipasarkan dalam operasi pasar ini tergolong lebih rendah dibandingkan harga yang ada di pasaran, seperti daging sapi dijual dengan harga Rp75.000 per kilogram, daging ayam Rp30.000 sampai dengan Rp30.500 per kilogram, bawang merah Rp 3.000 per kilogram, cabai merah Rp18.000 per kilogram dan minyak goreng dilepas Rp11.000 per liter.

Selain itu, Kementan juga menjual dalam bentuk paket sembako seharga Rp25 ribu per paket. Satu paket sembako berisi dua kg beras, 1 liter minyak goreng, 1 kg gula pasir, dan 3 bungkus mi instan.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya