Djarot Minta Warga Cegah Tawuran Selama Ramadan

Wakil Gubernur DKI Jakarta, Djarot Syaiful Hidayat saat acara buka puasa bersama
Sumber :
  • VIVA.co.id/Ade Alfath

VIVA.co.id – Wakil Gubernur DKI Jakarta Djarot Saiful Hidayat, memulai rangkaian safari Ramadan. Pada hari kedua puasa, Selasa, 7 Juni 2016, Djarot mengunjungi Masjid Al-Falah di Kelurahan Menteng Atas, Kecamatan Setiabudi, Jakarta Selatan.

Gara-gara Geber Motor, Dua Kelompok Warga Terlibat Tawuran di Jakpus

Dalam sambutannya, dia berpesan agar warga bisa menjaga ketertiban selama Ramadan. Sebab, bulan suci ini kerap dinodai aksi tawuran warga saat menjelang, dan sesudah, waktu sahur. Aksi ini seringkali dipicu oleh petasan.

"Di Jakarta itu orangnya gampang marah. Jadi harus dijaga kesejukan Ramadan. Makanya saya berpesan di lingkungan sini supaya bisa melarang anak-anak main mercon, karena keributan, tawuran itu sering terjadi gara-gara mercon," ujar Djarot.

Tiga Hari Berturut-turut Tawuran Terjadi di Kramat Sentiong

Menurut Djarot, ibadah puasa tidak hanya soal menahan haus dan lapar. Namun juga menahan emosi dan lisan, agar tidak mengucapkan hal buruk. "Makanya harus saling menjaga kedamaian. Kalau sekadar kita menahan lapar dan dahaga, mohon maaf, anak saya umur 10 tahun pun sebulan penuh dia puasa," ucapnya.

Untuk itu, Djarot berharap setiap ketua RT dan RW bisa memastikan keamanan lingkungan masing-masing. "Kemarin pada hari pertama di Jatinegara tawuran. Justru RT/RW harus ketemu itu, penyebabnya karena balas dendam, kalau ada masalah lapor ke kami," ujar dia.

Tawuran di Palmerah, Satu Toko Perlengkapan Bayi Terbakar
Polisi sita sejumlah senjata tajam dari para pelaku tawuran pelajar beberapa waktu lalu. (Foto Ilustrasi)

Tawuran Berdarah di Johar Baru, Seorang Warga Tewas Dibacok

Korban IM, (51) warga asal Kampung Rawa, Johar Baru, Jakpus. Korban luka di bagian perut dan punggung.

img_title
VIVA.co.id
17 Agustus 2021