Pengelola Pantai Mutiara: Tanggul Jebol Faktor Alam

Tanggul sementara di Pantai Mutiara
Sumber :
  • Herdi M/VIVA.co.id

VIVA.co.id – Tumpukan karung berisi pasir yang dilapisi tanah dan ditutup terpal akhirnya selesai dibuat pihak pengembang, dibantu suku Dinas Tata Air Pemprov DKI, untuk menambal tanggul jebol di kawasan Perumahan Pantai Mutiara, Pluit, Penjaringan, Jakarta Jumat malam.

Dari pantauan VIVA.co.id, Sabtu 4 Juni 2016, untuk membangun tanggul darurat, setidaknya sejumlah alat dikerahkan, mulai dari mobil pompa air dari DPU Provinsi Jakarta,  serta dua unit eksavator berukuran besar dan kecil.

Kompleks Rumah Ahok Dijaga Ketat, Warga Tetap Beraktivitas

Menurut Pengelola Kompleks Pantai Mutiara Dwi Susanto, pembuatan tanggul darurat setidaknya mencapai panjang 40 meter dengan ketinggian hingga 1,6 meter. Untuk membuat tanggul darurat ini setidaknya membutukan tumpukan tanah hingga 80 kubik.

Dwi sendiri menampik, jebolnya tanggul tersebut bukan karena kesalahan pengembang yang tak merawat kondisi tanggul, melainkan murni karena kondisi alam.

Tanggul Pantai Mutiara Jebol, Prabowo Kritik Pemda DKI

"Ketinggian rob (air pasang) ekstrem kemarin malam, jadi bukan karena ada retakan, tidak. Kami punya tim yang selalu mengecek kondisi tanggul," ungkap Dwi saat melakukan pantauan di sekitar lokasi jebolnya tanggul, Sabtu 4 Juni 2016.

Dwi pun menyatakan, meski perumahan Pantai Mutiara telah dibangun sejak 1986, usia tanggul yang jebol tersebut diperkirakan baru sekitar 10 tahun. 

Ahok Bakal Bangun Tanggul di Pantai Mutiara, Asalkan...

Untuk membuat tanggul permanen, lanjut Dwi, diperlukan persiapan yang matang. Sebab, saat ini kondisi air laut sendiri sedang dalam siklus pasang. Alhasil, hal itu akan berisiko masuknya kembali air laut ke perumahan.

"Kemungkinan tidak bulan ini, karena selain dana, juga harus dipertimbangkan estetikanya, makanya diperlukan persiapan yang matang," ujar Dwi.

Petugas mendata mobil-mobil mewah yang ada di Apartemen Regatta.

BPRD DKI Sidak Mobil Mewah di Apartemen Pantai Mutiara

Mereka mencari mobil mewah yang pajaknya belum dibayar.

img_title
VIVA.co.id
24 Agustus 2017