'Amankan' Operasi Pasar, Ahok Luncurkan 'Jakarta One'

Gubernur DKI Jakarta, Basuki Tjahaja Purnama alias Ahok.
Sumber :
  • Shintaloka Pradita Sicca - VIVA.co.id

VIVA.co.id – Gubernur DKI Jakarta, Basuki Tjahaja Purnama akan meluncurkan 'Jakarta One', kartu uang elektronik program bersama Pemerintah Provinsi DKI dan Bank Indonesia, hari ini.

Tcash Incar Pertumbuhan Pengguna hingga 50 Persen

Salah satu tujuan diedarkannya kartu tersebut yaitu untuk memastikan operasi pasar murah yang dilaksanakan pemerintah hanya bisa diikuti pemegang kartu. Operasi pasar tidak akan bisa diikuti mereka yang membawa uang tunai.

"Ke depan, semua operasi pasar harus menggunakan kartu (untuk transaksi). Termasuk untuk pembelian beras keluarga sejahtera. (Peredaran) beras itu harus dikontrol," ujar Ahok, sapaan akrab Basuki, di Balai Kota DKI, Kamis, 2 Juni 2016.

Ahok Ingin Ubah Konsep Operasional Bus TransJakarta

Dengan aturan itu, operasi pasar hanya diikuti warga yang berdasarkan data memang termasuk ke dalam golongan rakyat kurang mampu. Mereka yang pantas membeli bahan pangan dengan harga terjangkau.

Operasi pasar tidak akan lagi diikuti oknum yang memborong habis bahan pangan untuk dijual kembali dengan harga lebih mahal. "Kalau enggak (memakai prosedur penggunaan kartu uang elektronik) bahaya. Tiap kali operasi kita enggak tahu siapa yang beli. Barang habis sekejap." 

Ahok Bakal Musnahkan Makanan Berbahaya di Jakarta

Berdasarkan informasi dari humas BI, acara peluncuran akan diselenggarakan di kawasan Senayan Jakarta, pukul 14.30 WIB. Acara akan turut dihadiri Gubernur BI Agus Martowardojo.

(mus)
 

 Kartu Keluarga Sejahtera (KKS) yang diluncurkan pemerintah

Kartu Keluarga Sejahtera Bisa Ambil Uang di ATM

Bekerjasama dengan empat bank pemerintah.

img_title
VIVA.co.id
17 November 2016