Cegah Calo SIM, Polda Metro Terapkan Sistem Satu Pintu

Kepala Bagian Mitra Divisi Hubungan Masyarakat Polri Komisaris Besar Polisi Awi Setiyono.
Sumber :
  • VIVA.co.id / Bayu Januar Nugraha

VIVA.co.id – Direktorat Lalu Lintas Polda Metro Jaya mulai menerapkan sistem satu pintu (one gate system) bagi pemohon pembuatan Surat Izin Mengemudi (SIM). Hal ini diterapkan untuk mencegah percaloan dalam pembuatan SIM.

Polresta Depok Gelar Sayembara Tangkap Calo SIM

"Kami memang meminimalisasi terkait pencalonan, kami sampaikan bahwa one gate service. Sekarang hanya pemohon saja yang bisa masuk ke tempat pelayanan, selain pemohon tidak ada," kata Kepala Bidang Humas Polda Metro Jaya, Komisaris Besar Polisi Awi Setiyono kepada wartawan, di Mapolda Metro Jaya, Senin, 30 Mei 2016.

Untuk ke depannya, sistem akan diperketat lagi dengan menggunakan ID card untuk akses masuk keluar tempat pelayanan pembuatan SIM. "Orang-orang yang tidak berkepentingan dilarang masuk ke Satpas (Satuan Penyelenggara Administrasi) SIM Polda Metro Jaya," ujarnya menambahkan.

Kisah Perwira Menyamar Penjual Gorengan Bongkar Pungli SIM

Dalam sistem satu pintu, menurut dia, nantinya masyarakat tidak usah mengurus SIM ke banyak loket seperti sebelumnya. "Maunya satu loket tapi administrasinya berjalan, jangan orangnya yang berjalan. Itu yang diharapkan," kata Awi.

Dia meminta teman-teman media untuk mengawasi pembuatan SIM. "SIM adalah tanda kompetensi bahwa seorang itu cakap berkendara di jalan. Jadi tidak ada lagi image kami jualan SIM. Kami betul-betul melaksanakan uji kompetensi terkait pembuatan SIM."

Pasang Tarif Jutaan, Calo SIM Daan Mogot Ditangkap

(mus)
 

Ilustrasi SIM.

Komplotan Calo SIM Diringkus di Kantor Polisi berkat CCTV

Mereka mematok tarif jauh lebih mahal daripada biaya normal.

img_title
VIVA.co.id
18 November 2017