Jakarta Butuh Pembangunan Budaya, Tak Cuma Fisik

Pepohonan hijau di jantung kota Jakarta
Sumber :
  • VIVAnews / Renne Kawilarang

VIVA.co.id - Bakal calon Gubernur DKI Jakarta dari Partai Keadilan Sejahtera Muhamad Idrus ingin membudayakan semangat gotong-royong kepada warga ibu kota. Langkah itu agar warga Jakarta tak egois atau kurang peduli pada lingkungan sekitarnya.

Gaya Istri Anies Baswedan Blusukan ke Gang Sempit Jakarta

"Dengan semangat gotong-royong akan menjadikan warga Jakarta lebih solid, bersama-sama dalam mengatasi persoalan ibu kota," kata Idrus dalam keterangannya, Kamis, 26 Mei 2016.

Idrus berujar, semangat gotong royong warga merupakan salah satu dari nilai kearifan lokal Indonesia. Karena itu, tak salah jika dia menjadikan hal tersebut sebagai salah satu program yang akan diusungnya jika terpilih sebagai DKI 1.

Pujian Sylvi untuk Agus Yudhoyono

Menurut Idrus, yang dibutuhkan Jakarta ini tak hanya soal pembangunan fisik semata. Akan tetapi perlu juga membangun adab sosial, politik, dan budaya. Semuanya itu, kata Idrus, akan terwujud jika asas gotong royong dikedepankan.

"Semangat gotong royong ini perlu kita budayakan kembali di setiap lingkungan masyarakat Jakarta. Karena gotong royong itu sendiri merupakan ciri khas bangsa ini," ujar Idrus.

Argumen LSI soal Ahok Berpotensi Kalah

Idrus mencontohkan, kasus 17 balita gizi buruk di Jakarta Pusat tak akan terjadi, jika ada kepedulian antarmasyarakat. Alasannya, tentu sebagai warga yang baik tak akan tinggal diam jika mendapati tetangganya memiliki balita yang menderita gizi buruk.

"Mengatasi persoalan Jakarta itu butuh peran serta masyarakat. Sama halnya masalah lainnya juga memerlukan kerja sama yang baik dari para warga.Yuk, kita bareng-bareng dengan pemerintah mengatasi persoalan yang membelit ibu kota," tutur Idrus.

Seperti diketahui, Idrus memiliki tiga pilar program unggulan yang disiapkan jika terpilih menjadi gubernur, yaitu sumber daya manusia, infrastruktur, dan lingkungan.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya