Bom Marriott dan Ritz Carlton

DKI Temukan 88 Ribu KTP Palsu

VIVAnews - Pemerintah Provinsi DKI Jakarta menemukan 88 ribu kartu tanda penduduk palsu. Temuan itu setelah jaringan pembuat KTP palsu terbongkar pada 2008. Disinyalir masih banyak ribuan KTP palsu beredar di masyarakat.

Sekretaris Daerah Pemprov DKI Jakarta, Muchayar, mengatakan, KTP palsu dibuat tanpa data akurat. KTP itu banyak dimanfaatkan pendatang baru, salah satunya untuk mempermudah mencari pekerjaan di Jakarta.

Namun, bukan mustahil KTP palsu dimanfaatkan untuk tindak kejahatan. "Seringkali pelaku kejahatan menggunakan KTP palsi. Pas dicek alamat KTP-nya ternyata yang bersangkutan tidak tinggal di wilayah itu," kata Muchayar, Kamis 23 Juli. 

Ia juga menyesalkan maraknya praktik jual beli KTP di lingkungan pejabat kelurahan. Informasi terakhir yang diterimanya, seorang warga pendatang dengan mudah mendapatkan KTP setelah membayar Rp 500 ribu kepada calo. "Ini kan berarti masih ada praktek jual beli KTP," ujarnya.

Sejak 2008, Pemprov DKI telah menindak 30 oknum pegawai kelurahan yang tertangkap basah memperjualbelikan KTP. Puluhan orang itu telah mendapatkan sanksi adminitratif hingga penurunan pangkat.

Pascaledakan bom di Hotel JW Marriott dan Ritz Carlton, Pemprov DKI mengintensifkan kembali razia KTP untuk mendeteksi keberadaan warga pendatang. Razia difokuskan di daerah pemukiman padat yang banyak tumbuh rumah kos, kontrakan dan apartemen.

Pengunjung Coba Kelabui Petugas Lapas Yogyakarta Simpan Pil Koplo di Betis, Malah Ketahuan
Ayah dari King Nassar, Ahmad Hasan Sungkar

Innalillahi, King Nassar Berduka Ayahanda Meninggal Dunia

Kabar duka datang dari pedangdut Nassar Sungkar atau King Nassar. Ayahanda Nassar, Ahmad Hasan Sungkar meninggal dunia pada hari ini, Jumat, 29 Maret 2024.

img_title
VIVA.co.id
29 Maret 2024