Bekasi Berikan 5 Hektare Lahan ke DKI untuk Tandon

Wali Kota Bekasi, Rahmat Effendi serahkan lahan ke Wali Kota Jakarta Timur, Bambang Musyawardana di Balai Kota DKI.
Sumber :
  • Fajar GM - VIVA.co.id

VIVA.co.id – Pemerintah Kota Bekasi memberikan lima hektare wilayahnya ke Pemerintah Provinsi DKI. Lokasi lahan yang diserahkan terletak di wilayah administrasi Kelurahan Jatimurni, Kecamatan Pondok Melati, Kota Bekasi.

Presiden Direktur P&G Indonesia Sebut Prospek Masa Depan Indonesia Cerah 

Setelah diberikan, lahan lima hektare berupa tanah kosong itu, kini masuk ke wilayah administrasi Kelurahan Cilangkap, Kecamatan Cipayung, Jakarta Timur.

Lahan itu resmi diserahkan Wali Kota Bekasi, Rahmat Effendi ke Pemprov DKI melalui Wali Kota Jakarta Timur, Bambang Musyawardana di Balai Kota DKI.

Superchallenge Supermoto Race 2024 Segera Dimulai, Yogyakarta Tuan Rumah Seri Perdana

Penyerahan pengelolaan dilakukan sesuai Peraturan Menteri Dalam Negeri (Permendagri) Nomor 36 Tahun 2015 Tentang Batas Daerah DKI Jakarta. Peraturan itu menyebut tata ruang lahan ada di wilayah DKI Jakarta.

"Setelah dilihat tata ruangnya milik DKI, kita kembalikan," ujar Rahmat, Selasa, 17 Mei 2016.

MPV Semewah Alphard Ini Bisa Melesat Sekencang Mobil Sport

Rahmat mengatakan, meski tidak lagi dikelola Kota Bekasi, kotanya akan tetap memperoleh keuntungan dari pengelolaan lahan oleh DKI Jakarta.

Pemprov DKI akan menjadikan lahan sebagai kawasan tandon (penampungan air). Dengan begitu, luapan genangan yang kerap terjadi di sebagian wilayah Kota Bekasi akan terkurangi dari keberadaan bekas wilayahnya yang menjadi Ruang Terbuka Biru (RTB).

"Gubernur (DKI) berencana buat itu jadi tandon. Kita untung dong," ujar Rahmat.

(asp)

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya