Ahok 'Pasrah' Jika Warga Masjid Luar Batang Tak Mau Digusur

Gubernur DKI Jakarta Basuki Tjahaja Purnama
Sumber :
  • ANTARA FOTO/Hafidz Mubarak

VIVA.co.id – Gubernur DKI Jakarta, Basuki Tjahaja Purnama (Ahok), enggan memusingkan terkait ancaman tuntutan dari Sekretaris Masjid Luar Batang, Mansur Amin, soal penolakan penataan cagar budaya. Rencananya kawasan tersebut akan dijadikan kawasan wisata religi.

Masjid Luar Batang Akan Jadi Destinasi Wisata Halal

"Ya mereka cuma tanggapi itu, silakan saja," kata Ahok dalam acara wisata Balai Kota bersama Abang None Jakarta di Gedung Balai Kota, Jakarta, Sabtu, 7 Mei 2016.

Ahok mengungkapkan, telah melakukan pendekatan pada warga Luar Batang, untuk direlokasi dan dirapikan. Namun, Ahok tidak memaksa jika hal tersebut mendapat penolakan.

Digusur, Warga Luar Batang Gugat Pemprov DKI hingga Kapolri

"Kami ingin merapikan untuk tanggul. Kalau tidak mau jual atau rapikan masjid, ya silakan saja. Toh masjid punya Anda, punya umum, silakan saja. Kami enggak bisa maksa," ujar dia.

Sebelumnya Pemerintah Provinsi DKI berencana melakukan penataan di Kawasan Luar Batang. Konsekuensinya sejumlah permukiman warga akan direlokasi untuk penataan tersebut.

Anies: Jakarta Butuh Pemimpin yang Diteladani

Namun, rencana tersebut mendapat penolakan dari Ketua Umum Sunda Kelapa Heritage, Mansur Amin. Ia akan menggugat Ahok jika hal itu dilakukan. Penolakan tersebut, menurutnya, lantaran Ahok dinilai belum berhasil dalam penataan sejumlah cagar budaya di Jakarta.

Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan ke Masjid Luar Batang

Anies: Masjid Luar Batang Akan Jadi Destinasi Wisata Religi

Anies bilang selain Majid Luar Batang, Kampng Akuarium juga akan jadi destinasi wisata di pesisir Jakarta.

img_title
VIVA.co.id
15 Maret 2021