Contra Flow Berhasil Urai Kemacetan Tol Jakarta-Cikampek

Contra flow di tol Cikampek
Sumber :
  • @TMCPoldaMetro

VIVA.co.id – Kepala Bagian Operasional Korp Lalu Lintas Polri, Kombes Pol Istiono, mengatakan, arus lalu lintas di jalan tol Jakarta-Cikampek masih terjadi penumpukan kendaraan yang hendak ke luar kota.

Akses Tol Ke Arah Bandung Kembali Dibuka

"Hasil pemantauan sampai pukul 5 sore tadi, situasi arus yang dari Jakarta masih tampak padat merayap, kecepatan 20 sampai 30 kilometer per jam," kata Istiono di Mabes Polri, Jalan Trunojoyo 3, Kebayoran Baru, Jakarta Selatan, Kamis 5 Mei 2016.

Menurutnya, ada beberapa titik yang menjadi penyebab kemacetan, salah satunya rest area KM 19 arah Jawa Barat. Namun, untuk Cikarang Utama memang tidak ada hambatan, dan antrean tidak panjang.

Selama PSBB Transisi, Jumlah Kendaraan di DKI Jakarta Kembali Normal

"Setelah keluar Cikarang Utama, terjadi hambatan di KM 33. Di situ kan ada rest area. Makanya, KM 33 sampai 39 terjadi perhambatan," ujarnya.

Oleh karena itu, kata dia, untuk mengurai kemacetan, maka diberlakukan contra flow, dari KM 31 sampai KM 41. Hal ini dinilai sangat efektif untuk memperlancar lalu lintas.

VIDEO: Macet Panjang di Tol Jakarta-Cikampek Terdampak Banjir

"Kami tambahkan contra flow di sisi kanan jalan. Cukup membantu, loncat sampai KM 41," katanya.

Kemudian, Istiono menuturkan, kemacetan juga terjadi di KM 57 Cikampek. Namun, petugas kepolisian berhasil melakukan penguraian kepadatan kendaraan di lokasi tersebut.

"Supaya lebih lancar lagi, kami buka contra flow lagi, dari KM 41 sampai KM 61, untuk meloncati rest area 57. Itu lancar sekarang. Kepadatan biasa sekarang,” jelasnya.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya