Ribuan Buruh Mendekat ke Bundaran HI, Polisi Bentuk Barikade

Polisi melakukan simulasi pengamanan pemilu di Gedung KPU
Sumber :
  • VIVAnews/Rohimat Nurbaya

VIVA.co.id – Meski dilarang melakukan aksi di kawasan Bundaran Hotel Indonesia (HI), massa buruh dari Konfederasi Perjuangan Buruh Indonesia (KPBI) terlihat berkumpul di depan pertigaan Jalan Haji Agus Salim, yang menuju ke arah Bundaran HI.

Ditinggal Jokowi ke Hong Kong, Buruh Kecewa

Melihat hal itu, lantas aparat pun langsung membuat barikade, guna menghalau masuknya para buruh ke sana. Mereka yang menggunakan pakaian berwarna merah-hitam itu lantas sempat duduk di jalan sembari menunggu negosiasi yang dilakukan oleh pimpinan mereka dengan aparat kepolisian.

"Kami tunggu arahan ketua saja," ujar salah seorang buruh bernama Doni (25 tahun) di lokasi.

Janji Buruh KSPSI kepada Jokowi Jelang Hari Buruh 2017

Usai melakukan negosiasi, lantas, para buruh pun mulai bergerak menuju ke arah Monumen Nasional (Monas) untuk bergabung dengan massa buruh lainnya melakukan aksi di sana. Mereka diarahkan menuju Jalan Sabang dan tidak melewati kawasan Bundaran HI, karena sedang ada kegiatan Car Free Day (CFD).

"Ini dari KPBI, yang ada di sini, kami coba negosiasi lewat Sabang, tidak lewat HI karena ada CFD. Kami arahkan lewat Sabang, karena banyak kepentingan publik juga yang harus diakomodasi. Insya Allah tidak lewat HI, karena apabila lewat HI, arus lalu lintas jadi terganggu," ujar Dirlantas Polda Metro Jaya, Komisaris Besar Polisi Risyapudin.

Protes PHK Sepihak, Ratusan Buruh Blokir Tol Bitung

Usai negosiasi, lantas, 4.500 buruh tersebut pun bergerak menuju ke kawasan Istana Negara dengan berjalan kaki melewati kawasan Sabang. "Ya, sekarang kami ke Istana, sudah diarahkan ke sana," tutur buruh lain bernama Herman (30).

Ilustrasi aksi Hari Buruh di Sejumlah Daerah Indonesia

May Day 2017 Tinggalkan Luka bagi Buruh

Polisi klaim aksi buruh di Jakarta tertib.

img_title
VIVA.co.id
1 Mei 2017