Polisi: Bundaran HI Tak Boleh untuk Aksi Massa Buruh

Kapolda Metro Jaya Inspektur Jenderal Moechgiyarto di Bundaran HI.
Sumber :
  • VIVA.co.id/Foe Peace Simbolon

VIVA.co.id – Kapolda Metro Jaya, Inspektur Jenderal Moechgiyarto, memastikan bahwa massa buruh dilarang atau tidak diperkenankan melakukan unjuk rasa di kawasan Bundaran Hotel Indonesia (HI), di Hari Buruh Internasional atau May Day yang jatuh pada hari ini.

DPR Minta Pemerintah Perketat Izin TKA

"Kami sepakat dengan pimpinan serikat buruh, sepakat aksi di Patung Kuda Indosat start-nya," ujarnya di Bundaran HI, Jakarta, Minggu, 1 Mei 2016.

Dari sana, katanya, para buruh akan melakukan long march ke depan Istana Negara, dan kemudian melakukan orasi. "Setelah ke Istana, orasi, mereka gerak ke Stadion Gelora Bung Karno (SUGBK). Di sana, mereka melakukan perayaan May Day," tuturnya.

Pemerintah Harus Tetap Perjuangkan Nasib Buruh

Meski dikatakan bahwa tak ada buruh yang akan melakukan aksi di Bundaran HI, dari pantauan terlihat ada beberapa buruh yang datang ke kawasan Bundaran HI. Namun, mereka tidak melakukan aksi di sana.

"Ya, memang ada itu. Mungkin mereka yang tak tahu informasi kalau kami sudah sepakat di sini (Bundaran HI), mereka tidak akan melakukan aksi. Tapi, sudah kami arahkan tadi," ujar Wakapolres Metro Jakarta Pusat, Ajun Komisaris Besar Polisi Roma Hutajulu.

Pemerintah Akan Turunkan Bunga KUR Demi Buruh

Sementara itu, dari pantauan di Bundaran HI, hingga saat ini kawasan tersebut masih dipenuhi oleh warga yang sedang menikmati Car Free Day (CFD) seperti biasanya.

Ilustrasi demo buruh di Jakarta.

Ada Demo Buruh, TransJakarta Ubah Empat Rute

Ada yang tidak melayani.

img_title
VIVA.co.id
1 Mei 2017