May Day, Ribuan Polisi Siap Sambut Buruh di Jakarta

Polisi melakukan simulasi pengamanan pemilu di Gedung KPU
Sumber :
  • VIVAnews/Rohimat Nurbaya

VIVA.co.id – Sebanyak 8.153 personel aparat gabungan khusus diterjunkan untuk menjaga kawasan ring satu DKI Jakarta, di Hari Buruh Sedunia atau May Day yang jatuh pada 1 Mei 2016, hari ini.

DPR Minta Pemerintah Perketat Izin TKA

"Ada 8.153 (personel) khusus di Jakarta Pusat," ujar Kepala Sub Bagian Hubungan Masyarakat Polres Metro Jakarta Pusat, Komisaris Polisi Suyatno, di Bundaran Hotel Indonesia (HI), Jakarta, Minggu, 1 Mei 2016.

Sebanyak 8.153 personel gabungan itu disebar di 10 lokasi yang ada di Jakarta Pusat. Sebanyak 2.133 personel di depan Istana Negara, 354 personel di depan Istana Wakil Presiden (Wapres), 1.367 personel di Bundaran HI, dan 1.565 personel di Stadion Utama Gelora Bung Karno (SUGBK).

Pemerintah Harus Tetap Perjuangkan Nasib Buruh

Selanjutnya, 783 personel di depan gedung MPR/DPR, di depan Balai Kota DKI Jakarta sebanyak 427 personel, di kawasan Patung Kuda Indosat 504 personel, di Jalan MH.Thamrin-Silang Monas 421 personel, di Tugu Tani 245 personel, dan di Masjid Istiqlal sebanyak 354 personel.

Sementara itu, berdasarkan informasi yang berhasil dihimpun di lapangan, diperkirakan, massa buruh yang datang untuk melakukan unjuk rasa pada May Day di Jakarta sebanyak 50-60 ribu orang. Meski begitu, tampaknya hal itu tidak membuat warga yang ingin menikmati Car Free Day (CFD) khawatir untuk melakukan aktivitasnya di Bundaran HI.

Pemerintah Akan Turunkan Bunga KUR Demi Buruh

"Ya enggak takut, mereka-mereka, saya-saya, memang mereka demo akan ngapa-ngapain kami," ujar salah seorang warga bernama Yudi (24 tahun), di lokasi.

Ilustrasi demo buruh di Jakarta.

Ada Demo Buruh, TransJakarta Ubah Empat Rute

Ada yang tidak melayani.

img_title
VIVA.co.id
1 Mei 2017