Ini Titik Konsentrasi Massa Hari Buruh

Ilustrasi polisi mengamankan kegiatan.
Sumber :
  • VIVA.co.id/Anhar Rizki Affandi

VIVA.co.id – Ribuan buruh akan menggelar aksi unjuk rasa, hari ini, 1 Mei 2016. Mereka akan memperingati May Day atau yang biasa disebut Hari Buruh Sedunia yang jatuh pada 1 Mei.

Pengalihan Arus Lalu Lintas di Ibu Kota Saat Hari Buruh

Dilaporkan Twitter @TMCPoldaMetro, aparat kepolisian telah menggelar apel pagi ini guna menjaga keamanan. Para petugas berseragam cokelat itu sudah siap mengantisipasi kegiatan perayaan tersebut.

Apel kesiapan pengamanan digelar di Lapangan Polda Metro Jaya. Informasinya, pelaksanaan kegiatan perayaan May Day dipusatkan di tiga lokasi, yakni depan Istana Jalan Medan Merdeka Utara, Gelora Bung Karno, dan depan gedung DPR Jalan Gatot Subroto.

May Day 2017 Tinggalkan Luka bagi Buruh

Sebelumnya, Konfederasi Serikat Buruh Sejahtera Indonesia, Mudhofir Khamid, menyampaikan bahwa ada sekitar 50-70 ribu buruh yang akan melakukan aksi unjuk rasa tersebut.

"Di Bekasi, Tangerang, dan Bogor akan diadakan May Day sendiri. Jadi, sepakat yang di DKI hanya ada ribuan," ujarnya.

Ditinggal Jokowi ke Hong Kong, Buruh Kecewa

Mudhofir mengatakan bahwa dari serikat buruh akan melaksanakan aksi di Istana tanpa mengganggu bagi warga yang melakukan Car Free Day (CFD) di kawasan Sudirman-Hotel Indonesia. Pihaknya hanya mengambil jalur belakang hingga kawasan Istana.

"Dari pagi, tapi tidak melalui rute CFD nanti. Buruh di belakang Sarinah atau dari Gambir. Bisa dari HI, jadi langsung ke Istana. Kami pagi ada bakti sosial di pasar ikan, sebelumnya menanam pohon di Kementerian Koperasi. Pagi, bakti sosial di pasar ikan lalu siang ke Istana. Sudah dibagi-bagi," tuturnya.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya