Apa Kata Pengamat Perilaku tentang Ahok?

Gubernur DKI Jakarta nonaktif Basuki Tjahaja Purnama alias Ahok.
Sumber :
  • U-Report

VIVA.co.id - Pengamat Perilaku Taufik Bahaudin melihat ada persoalan di dalam diri Gubernur Jakarta Basuki Tjahaja Purnama alias Ahok. Terbaru, dalam kasus pengunduran diri Wali Kota Jakarta Utara Rustam Effendi. Di sini, Taufik menyalahkan Ahok atas pengunduran diri tersebut.

Ahok Ingin Ubah Konsep Operasional Bus TransJakarta

"Dia seperti punya masalah hubungan baik dengan dirinya," kata Taufik dalam perbincangan dengan tvOne, Jumat, 29 April 2016.

Menurut Taufik, pemimpin seharusnya bisa memberikan contoh. Tindak-tanduk, sikap, dan kebijakannya, dihormati. Bukan membabi buta menyerang anak buah dan semua pihak yang dinilai berseberangan dengannya.

Ahok Bakal Musnahkan Makanan Berbahaya di Jakarta

"Bukan ditakuti karena kekuasaannya," ujar Taufik.

Taufik melanjutkan, sikap Ahok  yang membuatnya ditakuti itu adalah pola. Selama dia tidak mengubah program hubungan baik dengan dirinya maka tak akan ada perbaikan.

Ahok Nilai Terlalu Banyak Perda Bikin Seperti Negara Bagian

"Jangan anggap orang seperti barang," kata Taufik.

Sementara itu, mengenai Rustam, Taufik menilai yang bersangkutan mempunyai nilai individual. Salah satu yang penting dalam dirinya adalah harga diri. "Itunya (harga dirinya) kena, apapun dikorbankan," kata Taufik.

Ia mengingatkan saat ini negeri sudah merdeka dari penjajahan Belanda juga Jepang. Para pejuang rela mengorbankan nyawa demi sebuah harga diri sebagai bangsa.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya