Pilkada Jakarta, PKB 'Dekat' dengan PDIP

Wasekjen PKB Daniel Johan.
Sumber :
  • www.dpr.go.id

VIVA.co.id – Wakil Sekretaris Jenderal (Wasekjen) DPP PKB, Daniel Johan, mengatakan saat ini PKB telah melakukan komunikasi dengan partai-partai lain untuk bisa berkoalisi mengusung calon gubernur DKI Jakarta pada Pilkada 2017 mendatang.

Cak Imin Masih Ngotot Usul Tunda Pemilu 2024

"Kita sudah komunikasi. Yang paling dekat PDIP. Minimal PDIP, Gerindra, dan Golkar," kata Daniel di Gedung DPR, Jakarta, Kamis 28 April 2016.

Adapun untuk calon gubernur PKB sendiri, saat ini menurut Daniel, partainya masih melakukan penjaringan calon gubernur hingga 1 Mei 2016. Dari nama-nama yang terjaring ia masih belum bisa memastikan siapa yang dianggap layak sebagai calon gubernur.

PKS Sindir PKB soal Penundaan Pemilu: Berikanlah Usulan yang Brilian

"Masih kita jaring sampai 1 Mei. Dari yang terjaring nanti kita lihat. Ada syarat paling utama bagi bakal calon gubernur untuk lolos dalam penjaringan PKB," kata Daniel.

Ia menjelaskan syarat paling utama untuk bakal calon agar lolos penjaringan PKB yaitu memiliki survei yang tinggi, memiliki visi dan diutamakan kader PKB. "Dalam fit and proper test dihitung tiga hal itu yang menjadi skor," kata Daniel.

Cak Imin Dapat Kejutan dari Pecinta Vespa, Apa Itu?

Dari syarat utama dalam penjaringan tersebut, Daniel ditanya peluang Ahmad Dhani yang sudah mendaftarkan diri dalam penjaringan PKB. Ia enggan menjawab lebih lanjut dan memilih untuk melihat saja hasil penjaringan.

Adapun peluang petahana Gubernur Basuki Tjahaja Purnama (Ahok) didukung PKB, Daniel mengatakan secara standar normatif tak mungkin mendukung Ahok. "Kecuali ada keputusan politik lain atau pertimbangan lain atau diputuskan ketua umum langsung. (Ahok) Masih peluang. Tapi semakin menghilang," kata Daniel.

Prabowo-Airlangga

Golkar, Gonjang-ganjing Koalisi dan Poros Tengah

Gonjang-ganjing koalisi pilpres yang belum reda, tidak terlepas dari sikap Golkar yang belum final memutuskan posisi politiknya.

img_title
VIVA.co.id
15 Mei 2023