Bangunan Liar di Kawasan Industri Pulogadung Dibongkar

Puluhan bangunan liar di Pulogadung dibongkar, Kamis (28/4/2016).
Sumber :
  • VIVA.co.id/ Anwar Sadat

VIVA.co.id – Sekitar 860 petugas gabungan membongkar puluhan bangunan liar di Jalan Pulo Buaran V Blok JJ-5, Kawasan Industri Pulogadung, Cakung, Jakarta Timur, Kamis, 28 April 2016. 

Bongkar Ribuan Rumah Warga, Ahok Tak Merasa Salah

Pembongkaran ini sempat mendapatkan protes dari warga sekitar. "Beri kami waktu pak, nyari tempat tinggal kan enggak gampang, jangan asal gusur aja," ujar Bahar, salah seorang warga di lokasi 

Namun protes warga tersebut tak memengaruhi proses pembongkaran. Ratusan petugas Satuan Polisi Pamong Praja (Satpol PP), polisi dan Garnisun, tetap mengeluarkan barang-barang milik warga. Mereka lantas membongkar bangunan liar tersebut.

Warga Luar Batang Ogah ke Rusun, Minta ke Rumah KPR

Tercatat ada 27 bangunan liar, satu di antaranya adalah musala. Selain itu, terdapat tempat pemancingan ikan, yang terhampar di atas lahan seluas 7.067 meter persegi. 

Menurut Kepala Satpol PP Jakarta Timur Hartono Abdullah, lahan yang ditempati warga ini merupakan milik PT Bali Media Grafindo. Warga, kata dia, menempatinya secara ilegal.

Penertiban Kawasan Luar Batang, Warga Dapat SP 1

"Kami hanya membantu menertibkan, untuk penggunaan ke depan kami serahkan kepada pemilik, lahan ini untuk apa," kata Hartono

Dalam penertiban ini, pihaknya menyiapkan dua alat berat, 12 truk sampah, satu mobil kerangkeng Suku Dinas Sosial dan dua unit mobil pemadam kebakaran.

Sementara itu, Kapolres Metro Jakarta Timur Komisaris Besar Polisi Muhammad Agung Budijono mengatakan, pihaknya telah mengerahkan 450 personel untuk membantu jalannya pembongkaran. "Sejauh ini berjalan lancar dan tidak ada perlawanan dari warga," ujar Agung. (ase)
 

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya