Penanganan Jenazah di Bandara Soekarno-Hatta Dibenahi

Kantor Angkasa Pura II
Sumber :
  • Antara/ Muhammad Iqbal

VIVA.co.id – PT Angkasa Pura (AP) II (Persero) menyampaikan, mulai 9 April 2016, di Bandara Internasional Soekarno-Hatta telah dibuka layanan satu atap untuk pengiriman atau penerimaan jenazah melalui pesawat udara.

Layanan PCR dan Antigen di Bandara Soetta Tetap Dibuka

Tujuan dibukanya layanan yang dikenal dengan Human Remain Services ini adalah untuk menata atau memperbaiki praktik serta tata cara penanganan pengiriman dan penerimaan jenazah.

Head of Corporate Secretary and Legal PT Angkasa Pura II, Agus Haryadi, mengatakan fasilitas Human Remain Services pada intinya adalah memudahkan pengiriman jenazah dari dan ke Bandara Internasional Soekarno-Hatta dengan standar penanganan yang tinggi.

Penumpang Domestik di Bandara Soetta Masih Wajib Antigen

"Human Remain Services bertujuan menghilangkan terjadinya praktik calo kargo jenazah. Melalui layanan ini, AP II juga ingin memberikan fasilitas layanan yang layak, pantas dan manusiawi kepada keluarga, kerabat, serta pengantar atau penjemput jenazah, serta jenazah itu sendiri.” ujar Agus dalam keterangan tertulisnya, Minggu 24 April 2016.

Human Remain Services di Bandara Soekarno Hatta memberikan fasilitas dan layanan: 

Polres Bandara Tangkap Peretas PeduliLindungi dan Pemalsu Hasil Swab
  1. Ambulans atau mobil jenazah 
  2. Ruang tunggu yang nyaman bagi pengantar dan penjemput
  3. Ruang persemayaman sementara
  4. Pengurusan dokumen terpadu
  5. Repacking
  6. Peti jenazah (bila diperlukan)

Layanan ini, kata dia, akan meningkatkan ketertiban, keamanan dan juga dapat membatasi orang atau kendaraan yang tidak memiliki izin masuk bandara.

“Perlu kami tegaskan, layanan ini sifatnya tidak wajib, tetapi opsional, dan tentunya ada biaya tambahan di dalamnya,” jelas Agus

Ia mengatakan, AP II juga akan membebaskan biaya untuk layanan ini, khusus bagi jenazah TKI (Tenaga Kerja Indonesia), keluarga yang tidak mampu serta jenazah penumpang pesawat yang karena sesuatu hal meninggal di dalam perjalanan atau di bandara.

(ren)

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya