Kejahatan Dunia Maya

Password Dicuri, Data Twitter Terungkap

VIVAnews - Karyawan Twitter telah dihack untuk ketigakalinya tahun ini. Tampaknya, metode yang digunakan hacker adalah menebak password dari akun email pribadi seorang karyawan Twitter. Dari sana, sang hacker berhasil mencuri dokumen rahasia perusahaan. Dengan kata lain, korban memiliki password yang sama untuk akun email pribadi dan email kantornya.

Twitter berbagi data rahasia di dalam Google melalui paket Google Apps yang terdiri dari e-mail, word processing, spreadsheet, calendar, dan layanan Google lainnya. Seperti VIVAnews kutip dari blognya, 20 Juli 2009, Biz Stone, salah satu pendiri Twitter menyebutkan bahwa email pribadi seorang karyawan administratif Twitter dihack sekitar sebula lalu, dan melalui jalan itu penyerang mendapatkan aksesk ke akun Google Apps karyawan yang bersangkutan.

Secara terpisah, istri dari Evan Williams, co-founder Twitter juga mendapati bahwa akun email pribadinya juga di-hack pada kisaran waktu yang sama. Lewat jalan itu, penyerang berhasil mengakses akun pribadi Amazon dan PayPal milik Williams.

“Twitter memiliki popularitas yang cukup besar sehingga karyawan yang bekerja di sini menjadi target,” kata Stone. “Meski begitu, beberapa materi yang diposting secara online oleh hacker dari dokumen Google Apps lebih cenderung untuk mempermalukan daripada merusak,” ucapnya.

Menurut Stone, hacker mengklaim bahwa telah memiliki nomor kartu kredit serta mendapatkan informasi gaji karyawan, laporan meeting internal dan proyeksi pertumbuhan perusahaan. Data yang diambil antara lain merupakan proyeksi keuangan yang dibuat Twitter, Februari lalu. Proyeksi itu menargetkan bahwa Twitter akan meraih keuntungan pertama mereka di kuartal ini, dengan penjualan mencapai 400 ribu dolar AS serta jumlah karyawan yang mencapai 60 orang.

Dari data yang dicuri tersebut, disebutkan bahwa pada akhir tahun depan, Twitter diperkirakan akan dapat mempekerjakan 345 orang dengan pendapatan tahunan sebesar 140 juta dolar AS.

Ada Luka Tembus Pelipis Anggota Satlantas Polresta Manado yang Ditemukan Tewas di Mampang
Ilustrasi aplikasi.

Aplikasi Ini Bisa Bikin Penumpang Terhibur di Pesawat

Namanya Tripper, aplikasi hiburan terbaru yang dapat dinikmati penumpang sebelum, saat, dan sesudah penerbangan.

img_title
VIVA.co.id
26 April 2024