105 Bangunan Dibongkar Buat Pacuan Kuda Asian Games 2018

Ratusan rumah di Pulomas dibongkar
Sumber :
  • VIVA.co.id/ Anwar Sadat

VIVA.co.id – Sebanyak 105 bangunan di RT 08, RW 16, Kelurahan Kayuputih, Kecamatan Pulo Gadung, Jakarta Timur, dibongkar aparat, Rabu, 20 April 2016. Pembongkaran itu terkait persiapan Asian Games 2018 mendatang. Rencananya, PT Pulomas akan membuat arena equestrian (berkuda) di lokasi lahan yang digusur itu. 

Kendala di Pacuan Kuda Pulomas Jelang Asian Games 2018

Menurut Lurah Kayu Putih Ade Ahdiyat, para warga saat ini sudah pindah ke rumah susun (rusun) Pulo Gebang. "Kalau dipikirkan kan mereka (warga) ada permintaan. Sekarang pada ke rusun Pulo Gebang. Lihat nanti, masih proses negosiasi," ujar Ade di lokasi, Rabu, 20 April 2016.

Pantauan VIVA.co.id di lokasi, sebanyak dua alat berat dikerahkan untuk meratakan bangunan warga. Sebuah rumah ibadah Kerapatan Gereja Protestan Minahasa (KGPM) tampak di lokasi itu. Gereja tersebut masih berdiri kokoh di antara reruntuhan bangunan yang mulai dirobohkan. 

Desain Venue Equestrian Asian Games 2018 Puaskan OCA

Ade mengatakan, pemerintah tetap akan merobohkan gereja tersebut. Sebab, kawasan RT 8 termasuk area pengembangan sarana pacuan kuda untuk Asian Games 2018. "Mei depan sudah mulai terbangun dari pusat untuk equistrian," ujarnya.

Dalam pembongkaran ini, sebanyak 600 personel gabungan diterjunkan untuk melakukan pengamanan. 

AYG 2017 Jadi Tes Even untuk Asian Games 2018

Menurut Kapolres Metro Jakarta Timur Komisaris Besar Muhamad Agung Budijono, pihaknya turut serta mengamankan pembongkaran tersebut. Saat ini pembongkaran masih berlangsung kondusif. 

"Kami bantu Satpol PP (Satuan Polisi Pamong Praja) saja, total ada 600 tapi itu gabungan," ujar Agung di lokasi, Rabu 20 April 2016.

Sementara itu, Dandim Jakarta Timur Letkol Inf Iwan Setiawan terlihat ikut memantau pengamanan pembongkaran tersebut.

(mus)
 

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya