Gara-gara Siamang Lepas, Jatinegara-Cakung Macet Parah

Macet akibat siamang yang lepas di Cakung.
Sumber :
  • Anwar Sadat - VIVA.co.id

VIVA.co.id – Seekor monyet jenis siamang bikin geger warga di pemukiman padat penduduk di Jalan Raya Penggilingan, Cakung, Jakarta Timur. 

Alasan Pemprov DKI Gelontorkan Rp 22,2 M untuk Perbaiki Rumah Dinas Gubernur

Monyet berwarna hitam legam itu, lepas dari kandang milik seorang warga dan membuat kegaduhan sehingga menyebabkan arus lalu lintas menjadi macet.

Berdasarkan pantauan VIVA.co.id, Selasa, 19 April 2016, siamang yang memiliki tinggi sekitar 1 meter itu, bergelayut di atas kabel listrik dan pohon. Sesekali, siamang juga terus mengeluarkan suara keras hingga terdengar dari jarak 100 meter.

Indonesia Penghasil Emisi Karbon Terbesar di Dunia, Tanam Lebih Banyak Mangrove Bisa Jadi Solusinya

"Kita dapat laporan dari warga, cuma karena monyet jenis ini selalu berpindah-pindah dari satu pohon ke pohon lainnya jadi kita mengalami kesulitan," kata koordinator lapangan Dinas Pemadam Kebakaran Jakarta Timur, Suryadi.

Ogah Pakai Pelampung, Bocah 6 Tahun di Cikarang Tewas Tenggelam di Kolam Renang

Foto: Siamang di kebal listrik, Selasa 19 April 2016.

Akibat banyaknya warga dan pengguna jalan yang ingin melihat aksi monyet itu, lalu lintas dari arah Jalan I Gusti Ggurah Rai, Jatinegara, menuju Penggilingan, Cakung, mengalami macet parah. Kemacetan terpantau mulai dari wilayah Klender hingga ke depan Gedung Pengadilan Negeri, Jakarta Timur.

Hingga malam ini, puluhan petugas gabungan dari Sudin Penanggulangan Kebakaran dan Penyelamatan (PKP) serta Sudin Perindustrian dan Energi Jakarta Timur terus berupaya menurunkan hewan tersebut dengan berbagai peralatan yang dimiliki.

Diketahui di Indonesia, siamang jadi hewan yang terancam punah dan merupakan salah satu primata yang termasuk dalam jenis hewan dilindungi berdasarkan undang-undang nomor 5 tahun 1990 dan PP nomor 7 tahun 1999 dan tidak boleh dipelihara secara individu. 

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya