Menteri Susi Dapat Kapal Baru untuk Buru Maling Ikan

Menteri Susi terima kapal baru.
Sumber :
  • Danar Dono - VIVA.co.id
VIVA.co.id
Kejar Target Pembangunan, Pekerja Proyek IKN Mudik Diantar Pakai Hercules
- Kementerian Kelautan dan Perikanan mendapat empat kapal baru pengawas perikanan. Keempat kapal tersebut diberi nama Orca 01-04.

Puncak Arus Balik Lebaran 2024 di Bandara Soetta Mulai Menurun
Menteri Kelautan dan Perikanan, Susi Pudjiastuti, menyambut baik tibanya empat kapal pengawas perikanan ini. Dengan empat kapal baru itu, Susi optimistis aparatnya kian efektif mengawasi aktivitas perikanan di perairan Indonesia.

Meyakini Kebangkitan Marc Marquez di MotoGP Spanyol 2024
"Kita jangan mau kalah dengan negara lain, jangan sampai perairan kita menjadi sasaran pencurian ikan kapal-kapal dari luar," kata Susi kepada media, Jumat 8 April 2016.

Susi menegaskan,  pengadaan kapal pengawas ini sebisa mungkin akan terus dikembangkan, mengingat, kapal ini adalah kapal yang sarat akan teknologi.

"Ini sangat penting, menjaga sumber daya perairan adalah kewajiban kita, dan kapal ini buatan kita (dalam negeri) teknologi yang digunakan sudah sangat baik, masa pengeboran minyak saja yang pakai teknologi tinggi, kita menjaga sumber daya perairan juga harus mengikuti tren," kata Susi.

Kapal Orca 02

Foto:Kapal Orca 02

Kapal Orca merupakan kapal buatan dok kapal DRU Shipyard. DRU Shipyard atau PT.Daya Radar Utama merupakan dok perkapalan yang  berpusat di wilayah Tanjung Priok, Jakarta Utara. Selanjutnya, keempat kapal ini akan disebar ke perairan perairan di perbatasan Indonesia.

"Empat ini rencananya akan kita tempatkan di Natuna, Arafuru, Sulawesi Utara, yah pokoknya perairan yang rawan pencurian ikan," ujar Susi.

Peresmian ditandai dengan pemencetan bel serta pemecahan kendi di badan kapal. "Kuat kan ini kapalnya? nanti bukan kendinya yang pecah malah kapalnya?," kata Susi mencandai perwakilan dari TNI AL. (ren)

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya