Ribuan Nelayan Kepung Kantor Jokowi dan Susi

Massa nelayan mulai bergerak ke Istana Negara
Sumber :
  • Foe Peace - VIVA.co.id

VIVA.co.id - Ribuan nelayan dari berbagai wilayah di Indonesia akan mengepung Istana Negara dan Gedung Kementerian Kelautan dan Perikanan (KKP).

Nelayan Gantung Boneka Pocong Berwajah Susi di Gedung KKP
 
Nelayan yang mengatasnamakan diri Gerakan Nasional Masyarakat Perikanan Indonesia (Gernaspami) sudah tiba di Jakarta dari Pandeglang, Banten, dan Tegal, Jawa Tengah, sejak pukul 07.35 WIB, Rabu 6 Maret 2016.
Kemendesa & PDTT Apresiasi Dukungan Pertamina Percepat Pertumbuhan Ekonomi Transmigrasi
 
"Massa sudah berkumpul di Masjid Istiqlal sejak pagi. Sudah ada kurang lebih 5.000 orang, dan masih berdatangan dari daerah," kata Kepala Sub Bagian Hubungan Masyarakat Polres Metro Jakarta Pusat, Kompol Suyatno.
Cinta Laura dan Putri Marino Bakal Hadiri Festival Film Cannes 2024 di Prancis
 
Ribuan nelayan mengusung tuntutan agar Presiden Joko Widodo memecat Menteri KKP, Susi Pudjiastuti, dan menuntut dicabutnya Permen KKP No.56/2014, Permen KKPO No.57/2014, Permen KKP No.01/2015, serta PP No.75 Tahun 2015.
 
"Mereka juga meminta pemerintah melibatkan nelayan, baik di tingkat nasional, provinsi, maupun kabupaten kota dalam pembuatan kebijakan di bidang kelautan dan perikanan yang berpihak pada nelayan dalam negeri," kata Suyatno.
 
Untuk mengamankan unjuk rasa, kepolisian mengerahkan sekitar 1.599 anggota. Mereka disiagakan di tiga titik, yaitu di titik kumpul kedatangan di Masjid Istiqlal, di depan gedung KKP, serta di depan Istana Negara.
 
"Di depan Istana 874 personel, di depan KKP 668, dan di Istiqlal 57," kata Suyatno. (one)
Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya