Teknisi AC Tewas, Ahok Ancam Pecat Kepala Biro Umum

Gubernur DKI Jakarta, Basuki Tjahaja Purnama.
Sumber :
  • Fajar GM - VIVA.co.id

VIVA.co.id – Gubernur DKI Jakarta, Basuki Tjahaja Purnama mengatakan, Kepala Biro Umum Sekretariat Daerah DKI Agustino Dharmawan, menjadi salah satu pejabat eselon II Pemerintah Provinsi DKI yang terancam dicopot dari jabatannya dalam perombakan pejabat yang akan dilakukan pekan depan.

Diduga Melamun, Tangan Pemuda di Tangerang Masuk ke Penggilingan Daging

Agustino, sebagai Kepala Satuan Kerja Perangkat Daerah (SKPD) yang mengurusi prasarana kerja di kompleks Balai Kota, dianggap bertanggung jawab atas kecelakaan kerja yang menimpa Zaenuddin (30). Teknisi penyejuk udara (AC) itu tewas setelah terjatuh dari ketinggian enam meter akibat menginjak plafon ruangan Balairung Balai Kota, Kamis malam, 31 Maret 2016.

"Mungkin Kepala Biro Umum dicopot. Ini sanksinya (atas terjadinya kecelakaan kerja)," ujar Ahok, sapaan akrab Basuki, di Balai Kota DKI, Jumat, 1 April 2016.

Kenali Asuransi Kecelakaan Kerja dan Cara Mengklaimnya

Kecelakaan terjadi karena pekerjaan perawatan penyejuk ruangan dilakukan tanpa pengamanan yang memadai. Setiap pekerja yang bekerja di ketinggian seharusnya diikat tali harness untuk memastikan mereka tetap bergelantungan bila terjatuh. "Kenapa enggak pakai tali (untuk pengamanan)," ujar Ahok.

Ahok menyatakan duka cita atas tewasnya Zaenuddin.

Tertimpa Brankas hingga Dada Remuk, Pria Asal Bangkalan Tewas di Surabaya

Sebelumnya, Zaenuddin terjatuh di Balairung Balai Kota DKI, Kamis, 31 Maret 2016, pukul 19.45 WIB. Dia terjatuh akibat plafon atap yang diinjaknya jebol. Dia lantas dibawa ke Rumah Sakit Umum Daerah (RSUD) Tarakan. Namun nyawanya tak tertolong dan dinyatakan meninggal pada pukul 20.10 WIB. 

"Harusnya dia (Zaenuddin) menginjak besi (kerangka ruangan), tapi dia malah menginjak plafon," ujar Ace, saksi mata kejadian, Kamis malam, 31 Maret 2016.

(mus)

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya