Ada Sabun Penyebab Kanker di Gudang Kosmetik Grogol

Petugas BPOM menggeledah gudang kosmetik Grogol.
Sumber :
  • Foe Peace - VIVA.co.id

VIVA.co.id - Dalam penggerebekan gudang kosmetik ilegal di Jalan Perdana, Grogol Petamburan, Jakarta Barat, BPOM DKI Jakarta menemukan kosmetik jenis sabun di tempat itu yang terbukti mengandung bahan berbahaya.

Tujuh Bahaya Memakai Kosmetik Setiap Hari
 
"Tadi kita temukan sabun wajah mengandung bahan pewarna berbahaya. Sisanya akan diuji nanti," kata Kepala Balai Besar Pengawasan Obat dan Makanan (BBPOM) DKI Jakarta, Dewi Prawitasari, Selasa, 29 Maret 2016.
Mitos Salah Kaprah Soal Kosmetik Mineral
 
Kosmetik ilegal tanpa izin edar yang ditemukan di sana, lanjut Dewi, berlabel dari negara luar. Seluruhnya, kata Dewi, berlabel negara Tiongkok dan Thailand.
Waspada Kosmetik Dibuat dari Bahan Berbahaya
 
"Masih kita telusuri apa benar dari luar, atau dari dalam negeri tapi hanya diberi label dari luar negeri," kata dia.
 
Dewi menjelaskan, kedua pemilik gudang tersebut keduanya bukanlah Warga Negara Asing (WNA). Dari pengakuannya, pemilik mengaku menjual kosmetik ilegal tersebut ke seluruh wilayah Indonesia.
 
Menurut Dewi pemakaian kosmetik berbahan baku zat kimia berbahaya sangat berdampak bagi kesehatan tubuh manusia. Selain alergi, dampak paling berbahaya adalah menyebabkan penyakit kanker.
 
"Contohnya saja krim wajah. Kalau mengandung zat kimia berbahaya, bisa alergi. Yang paling parah, kalau mengandung mercury bisa sebabkan kanker kulit," katanya.
 
Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya