Besok Ada Fenomena Equinox, Apa Itu?

Ilustrasi petugas BMKG
Sumber :
  • M Nadlir

VIVA.co.id – Setelah fenomena gerhana matahari total (GMT) berlalu, Indonesia akan kembali disinggahi fenomena alam lainnya.

Suhu Panas Akan Landa Jatim hingga Oktober, BMKG Beberkan Alasannya

Badan Metorologi, Klimatologi dan Geofisika (BMKG) dalam situs resminya mengatakan, fenomena alam yang bakal terjadi di Indonesia adalah fenomena Equinox. Fenomena ini akan terjadi besok, Senin 21 Maret 2016.

BMKG menjelaskan, fenomena Equinox adalah salah satu fenomena astronomi di mana matahari melintasi garis khatulistiwa dan secara periodik berlangsung dua kali dalam setahun, yaitu pada tanggal 21 Maret dan 23 September.

Cek Fakta: Equinox Menyebabkan Cuaca Panas Ekstrem dan Sun Stroke

Saat fenomena ini berlangsung, durasi siang dan malam di seluruh bagian bumi hampir relatif sama, termasuk wilayah yang berada di subtropis di bagian utara maupun selatan.

BMKG menyatakan, kehadiran Equinox tidak perlu ditakuti, meski suhu berpotensi naik. Namun, fenomena ini tidak selalu mengakibatkan peningkatan suhu udara secara drastis. "Di mana kita ketahui rata-rata suhu maksimal di wilayah Indonesia bisa mencapai 32-36 derajat celsius," tulis BMKG dalam penjelasan resminya, Minggu 20 Maret 2016.

BMKG: Isu Badai Panas Equinox di Indonesia Hoax

Menurut BMKG, Equinox bukan merupakan fenomena seperti Heat Wave yang terjadi di Afrika dan Timur Tengah yang dapat mengakibatkan peningkatan suhu udara secara besar dan bertahan lama.

Menyikapi hal ini, BMKG mengimbau masyarakat untuk tidak perlu mengkhawatirkan dampak dari Equinox sebagaimana disebutkan dalam isu berkembang.

Secara umum kondisi cuaca di beberapa wilayah Indonesia cenderung kering. Beberapa tempat seperti Sumatera bagian utara mulai memasuki musim kemarau. "Maka ada baiknya masyarakat tetap mengantisipasi kondisi cuaca yang cukup panas dengan meningkatkan daya tahan tubuh dan tetap menjaga kesehatan keluarga serta lingkungan," kata BMKG mengimbau.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya