Gerhana Matahari Total

Begini Perilaku Tak Biasa Lumba-lumba Saat Gerhana

Melihat perubahan lumba-lumba saat gerhana matahari
Sumber :
  • VIVA.co.id / Danar Dono

VIVA.co.id – Gerhana matahari total (GMT) sudah sudah berakhir di Jakarta. Secara bertahap, matahari mulai terbebas dari halangan bulan. Selama proses gerhana di Jakarta sejumlah ahli memanfaatkan waktu untuk mengamati perilaku lumba-lumba.

Jangan Kelewat, Ini Waktu Gerhana Matahari di Jakarta

Dari hasil pengamantan itu terungkap bahwa ternyata, mamalia lucu itu, memperlihatkan perilaku aneh dari kehidupan biasanya.

Saat proses gerhana terjadi, terlihat lumba-lumba memilih menyendiri. Padahal di situasi normal, lumba-lumba hidup bersama dan berkelompok.

Mau Lihat Gerhana Matahari Cincin Besok? Cek Wilayah dan Waktunya!

"Pada situasi normal, lumba-lumba selalu berkelompok. Namun, selama fase gerhana, lebih banyak menyendiri, bersembunyi di bawah permukaan matahari," ujar Dr Hagi Yulia Sugeha, dokter hewan dan peneliti dari biodiversitas LIPI.

Selain itu, perbedaan perilaku lain yang terjadi pada lumba lumba adalah perbedaan cara bernafas. Selama fase gerhana, lumba-lumba cenderung membuang nafas dengan tenang.

Teropong Planetarium Puaskan Warga Ibu Kota Saksikan Gerhana

"Saat gerhana, mereka kepalanya ke luar untuk bernafas secara pelan, karena mereka mengalami disorientasi malam/siang, ketika gerhana selesai, mereka langsung bernapas menyemburkan air, seakan bernafas lega," ujar Dr Hagi menambahkan.

Sesaat setelah gerhana selesai, lumba lumba terlihat kembali berenang berkelompok seperti sebelum gerhana.

Teleskop untuk melihat gerhana matahari di Jakarta

4 Teropong Raksasa Disiapkan untuk Lihat Gerhana Matahari dari TMII

Disediakan kacamata juga.

img_title
VIVA.co.id
26 Desember 2019