Gerhana Matahari Total

Gunawan Mengulang Fenomena Gerhana Matahari di Planetarium

Gunawan, warga Jakarta yang melihat GMT di Planetarium.
Sumber :
  • Foe Peace

VIVA.co.id - Fenomena gerhana matahari total (GMT) yang berlangsung pada pagi ini, Rabu, 9 Maret 2016, ternyata benar-benar mengundang banyak perhatian masyarakat.

Sejak kemarin, banyak warga yang silih berganti datang ke Planetarium Taman Ismail Marzuki (TIM), Menteng, Jakarta Pusat, guna mencari tahu acara nonton bareng (nobar) GMT yang akan dilaksanakan hari ini.

Misalnya saja warga Kemayoran, Jakarta Pusat, bernama Gunawan (40). Dia mengaku datang ke Planetarium pada Selasa kemarin untuk mencari tahu bagaimana cara untuk bisa nonton bersama GMT di Planetarium.

"Ingin tahu karena kalau kita lihat langsung ada medianya di sini. Kita lihat di televisi, dan dapat info kalau mau lihat langsung orang Jakarta bisa datang ke Planetarium," kata Gunawan kepada VIVA.co.id.

Kata ayah satu anak itu, GMT hari ini bukanlah yang pertama baginya. Dia mengaku juga pernah menyaksian GMT pada tahun 1983. Namun saat itu dia hanya melihat dengan menggunakan mata telanjang.

"Makanya saya sekarang mau banget lihat di sini (Planetarium). Dulu, saat saya SMP pernah sekali saya lihat dari rumah, dengan kasat mata," kata Gunawan.

Kapan Gerhana Matahari Total Terjadi Lagi di lndonesia?

Gunawan telah menetapkan hati untuk datang menonton bersama GMT di Planetarium. Meski harus menonton sendiri tanpa didampingi anak dan istrinya. Maka dari itu, dia telah datang satu hari sebelumnya untuk memastikan.

"Kalau harus sendiri ke sini, ya apa boleh buat (tidak ditemani anak dan istri). Karena fenomena ini tidak setiap tahun," katanya. (ase)

Langka, Gerhana Matahari Total 2016 di Indonesia Laris Manis
Donny Alamsyah dan akting

Gerhana Matahari, Ini Tanggapan Donny Alamsyah

"Gua sih biasa aja ah."

img_title
VIVA.co.id
9 Maret 2016