Ahok Putuskan Maju Secara Independen

Gubernur DKI Jakarta Basuki Tjahaja Purnama alias Ahok
Sumber :
  • VIVAnews/Muhamad Solihin

VIVA.co.id - Gubernur DKI Jakarta, Basuki Tjahaja Purnama akhirnya memutuskan untuk maju dari jalur independen di Pemilihan Gubernur DKI tahun 2017.

Pakai Sapu Lidi, Jaklovers Kenalkan Risma ke Warga DKI

Keputusan itu diambil setelah komunitas relawan pendukungnya, 'Teman Ahok', menemuinya secara langsung di rumahnya pada Minggu malam, 6 Maret 2016.

"Teman Ahok jujur saja, Amalia cs (pendiri Teman Ahok Amalia Ayuningtyas), mereka datang ke rumah bawa lawyer segala macam sampai hampir jam 22.30 WIB," ujar Ahok, sapaan akrab Basuki, di Balai Kota DKI, Senin, 17 Maret 2016.

Kata Ahok Soal Pencalonan Sandiaga Uno Oleh Gerindra

Ahok mengaku diminta relawan Teman Ahok membuat keputusan tegas terkait pencalonannya sebagai Gubernur DKI Jakarta 2017 mendatang.

Sebab, komunitas relawan yang terbentuk saat Kisruh APBD DKI tahun 2015 itu membutuhkan waktu untuk membuat 770.867 lembar fotokopi Kartu Tanda Penduduk (KTP) DKI yang terkumpul bisa digunakan Ahok mendaftar ke Komisi Pemilihan Umum Daerah (KPUD) DKI sebagai kandidat independen.

Wagub DKI: Bangun Jakarta Tak Menghujat dan Berkata kasar

"Mereka butuh waktu, enggak bisa nunggu, karena katanya (membubuhkan nama cawagub) susah banget," ujar Ahok.

Teman Ahok perlu menelepon satu per satu warga Jakarta yang telah memberikan fotokopi KTP. Meraka akan memverifikasi dukungan yang diberikan, dan bertanya apa warga tetap mendukung Ahok dengan kandidat cawagub yang dipilih.

Ahok akhirnya meminta para pendukungnya itu memasukkan nama Kepala Badan Pengelola Keuangan dan Aset Daerah (BPKAD) DKI, Heru Budi Hartono, ke dalam kolom cawagub.

Teman Ahok mulai hari ini hingga bulan Juni 2016 akan memverifikasi dukungan kepada seluruh warga yang telah menyerahkan KTP. Hal itu untuk memastikan agar pada bulan Juli, seluruh KTP yang terkumpul bisa secara sah diserahkan ke KPUD DKI untuk digunakan sebagai syarat bagi Ahok untuk memanfaatkan dukungan warga untuk maju secara independen di Pilgub DKI.

"Kalau kalian (Teman Ahok) memang bisa mengisi ulang (membubuhkan nama cawagub) di formulir, ya silakan masukkan nama Heru. Dan hari ini mereka akan mulai edarkan (memverifikasi) dukungan untuk saya dan Heru," ujar Ahok.

(mus)

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya