Usai Kalijodo, DKI Gusur Kampung Narkoba Berlan Bulan Depan

Ilustrasi kericuhan
Sumber :
  • VIVA.co.id/Anhar Rizki Affandi

VIVA.co.id – Setelah menertibkan kawasan Kalijodo, kini Pemerintah Provinsi DKI Jakarta tengah membidik kawasan sarang narkoba di Kampung Berlan, Kebon Manggis, Matraman, Jakarta Timur, sebagai lokasi penertiban selanjutnya.

DKI Targetkan Revitalisasi Kalijodo Rampung Tahun Ini

Wali Kota Jakarta Timur Bambang Musyawardana mengatakan, Badan Pertanahan Nasional (BPN) masih melakukan pengukuran di pemukiman yang berada di sisi bantaran Kali Ciliwung tersebut.

"Ini masih proses ya, tinggal menunggu hasil dari BPN pastinya berapa bangunan. Rencananya memang ada dua RW, yaitu RW 03 dan 04," kata Bambang, Senin, 7 Maret 2016

Sidang Perdana Gugatan Warga Kalijodo Digelar Hari Ini

Bambang menambahkan, penertiban di kawasan tersebut rencananya akan dilakukan pada April 2016 mendatang. Nantinya, warga akan dipindahkan ke rumah susun (rusun) Rawa Bebek, Cakung, Jakarta Timur.

"Semula kita akan pindahkan di (rusun) Pulogebang. Karena sudah diisi warga Kalijodo, jadi nanti paling di Rawa Bebek. Nanti di antara itu yang muat di mana," ujarnya.

Gara-gara Kalijodo dan Alexis, Kapolda Dipanggi DPR

http://media.viva.co.id/thumbs2/2016/02/19/56c70daaa2e6e-rekonstruksi-kasus-narkoba-di-berlan_663_382.jpg

Foto: Rekonstruksi penyerangan anggota polisi di Berlan.

Proses penertiban, lanjut Bambang, akan dilakukan secara bertahap. Setelah proses pengukuran selesai, nantinya akan segera dikirim surat peringatan (SP).

Mengenai adanya kabar kepemilikan sertifikat di tanah milik negara itu, Bambang mengatakan akan berkoordinasi dengan BPN tentang keaslian sertifikat tersebut.

"Ya nanti akan dicek dulu dengan BPN, Kalau legal kami ganti rugi sesuai mekanisme pembayaran. Nanti Dinas Tata Air yang siapkan anggaran. Tapi kalau tidak benar maka itu akan kami serahkan ke polisi," katanya.

Seperti diketahui, beberapa waktu lalu sempat terjadi peristiwa penyerangan terhadap anggota Polsek Metro Senen di kawasan Berlan. Saat itu, dua anggota polisi gugur ketika akan menangkap bandar narkoba.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya