Bareskrim Sita Surat yang Dikirim Ahok ke DPRD

Ketua DPRD DKI Jakarta, Prasetyo Edi Marsudi.
Sumber :
  • Fajar GM

VIVA.co.id - Penyidik Badan Reserse Kriminal (Bareskrim) Mabes Polri mendapati sejumlah dokumen saat melakukan penggeledahan di ruang kerja Ketua DPRD DKI Jakarta, Prasetio Edi Marsudi, Kamis, 3 Maret 2016. Salah satu dokumen penting adalah sebuah surat yang dikirimkan Gubernur DKI Jakarta Basuki Tjahaja Purnama kepada DPRD DKI.

Ruang Kerja Ketua DPRD DKI Digeledah Polisi Terkait UPS

Ketua DPRD DKI Prasetio Edi Marsudi mengatakan surat itu dikirimkan Ahok, sapaan akrab Basuki, pada 21 Oktober 2014. Ahok secara resmi meminta penjelasan DPRD DKI terkait ditemukannya anggaran pengadaan perangkat Uninterruptible Power Supply (UPS) dalam Anggaran Pendapatan dan Belanja Daerah Perubahan (APBD-P) DKI tahun 2014.

Penyidik Bareskrim Polri menyita dokumen dari ruang kerja DPRD DKI

Bareskrim Sita Komputer Mantan Ketua DPRD DKI

Direktorat Jenderal Keuangan Daerah Kementerian Dalam Negeri sebelumnya juga menyurati Pemerintah Provinsi DKI pada 22 September 2014. Kemendagri meminta DKI menelusuri ditemukannya anggaran pengadaan UPS di APBD-P.

"Pak Gubernur menyurati saya pada tanggal 21 Oktober 2014 setelah ada audit dari Kementerian Dalam Negeri," ujar Pras, sapaan Prasetio, di Gedung DPRD DKI, Jalan Kebon Sirih, Jakarta Pusat, Kamis, 3 Maret 2016.

Penyidik Bareskrim Geledah Ruang Ketua DPRD DKI

Pras mengatakan, selain surat itu,  penyidik juga menyita verbal persetujuan APBD-P DKI tahun 2014 yang telah ditandatangani dirinya dan pimpinan DPRD DKI periode 2014 - 2019. Verbal tertanggal 24 Oktober 2014.

"Dokumen yang disita dua itu. Tapi tumpukannya banyak. Ada satu bundel dan ada satu komputer juga yang disita," ujar Pras.

Penyidik Bareskrim Polri menyita dokumen dari ruang kerja DPRD DKI

Ketua DPRD DKI Tampik Pakai Komputer yang Disita Bareskrim

"Itu (komputer) dipergunakan Pak Ferrial Sofyan."

img_title
VIVA.co.id
3 Maret 2016