Menyelamatkan Ciliwung Bersama Granit

VIVAnews - Masalah sampah tak henti menyergap Kali Ciliwung. Perlu penanganan yang lebih serius untuk membuat Ciliwung bersih dan indah.

Melalui Green Care Community atau Granit, pada 23 Juni lalu, sejumlah warga Lenteng Agung yang berada tinggal di bantaran sungai pun membuat serangkaian program bersih Kali Ciliwung.

Dalam aksinya, mereka bekerja sama dengan ormas Generasi Betawi Asli Serumpun. Aksi pertama akan digelar di wilayah RW 02 Srengseng Sawah, sampai RW 04 Lenteng Agung pada 18-19 Juli mendatang. "Kami akan pakai 20 rakit," kata Ketua RW 08 Lenteng Agung, Sarmili.

Mereka juga mendapat dukungan dari Badan Pengelolaan Lingkungan Hidup DKI Jakarta DKI, PMI dan Karang Taruna Lenteng Agung. "Walikota Jaksel Syahrul Effendi akan hadir," kata Sarmili.

Semua RW di Kecamatan Jagakarsa siap melaksanakan aksi bersih Ciliwung. Satu mesin bantuan untuk pengolahan sampah pun telah disiapkan di RT 13, RW 08, Lenteng Agung.

Sarmili berharap, setiap RW akan memiliki mesin senilai Rp 10 juta itu. "Namun biayanya lumayan besar, untuk mesin kapasitas sedang yang kami pesan dari IPB, sekitar Rp7 juta. Kami harap peran pihak swasta dan pemerintah DKI untuk membantu kami," ujarnya.

Lurah Lenteng Agung, Bonang Irawan, mendukung ide ini. "Saya harap kegiatan ini dapat membantu mengatasi masalah sampah di wilayah Lenteng. Namun kami harapkan  pihak Depok dan Bogor juga membantu kami dengan cara menjaga kebersihan kali Ciliwung,” ujarnya.

Meiska Angkat Fenomena Istilah Badut dalam Lagu Terbarunya
Ilustrasi stres.

Jangan Anggap Remeh, Ini 4 Tanda yang Menunjukkan Anda Alami Stres

Belum banyak orang yang menyadari bahwa gejala stres juga bisa mempengaruhi kesehatan tubuh. Sangat banyak tanda-tanda yang menunjukkan anda terkena stres.

img_title
VIVA.co.id
25 April 2024