Kalijodo Hancur Dihajar 10 Eksavator

Pembongkaran kawasan Kalijodo, Senin 29 Februari 2016
Sumber :
  • Irwandi/VIVA.co.id

VIVA.co.id – Ratusan rumah di kawasan Kalijodo yang berada di dua wilayah, Jakarta Barat dan Jakarta Utara, hari ini, Senin 29 Februari 2016, dibongkar Pemerintah Provinsi (Pemprov) DKI Jakarta.

Janji Ahok Bangun Masjid di Kalijodo Dipenuhi Djarot

Berdasarkan data Kecamatan Penjaringan yang dihimpun VIVA.co.id, Jumlah penduduk yang mendiami kawasan Kalijodo sekitar 1.305 jiwa dan 1.340 kepala keluarga.

Adapun jumlah bangunan permanen yang berdiri di daerah itu ada 250 unit dan 300 bangunan semi permanen. Diantara bangunan itu, terdapat 58 cafe, dan satu pabrik mie bihun. Selain itu, juga ada sejumlah sarana umum, seperti musala, gereja, dan sekolah pendidikan anak usia dini (Paud).

Kunjungi Kalijodo, Djarot Tergoda Main Ayunan

Kini, berdasarkan pantauan VIVA.co.id di lokasi, sedikitnya 10 eksavator berwarna kuning dibawa Pemprov DKI sejak pagi tadi, untuk meluluhlantakkan bangunan di kawasan itu.

Perlahan-lahan, satu per satu bangunan remuk menjadi puing dan rata dengan tanah, setelah mesin berbadan baja ini bekerja.

Bakal Digusur, Tak Semua Warga Tol Kalijodo Dapat Rusun

Tanpa ampun, kawasan padat di pinggir kali itu pun berubah menjadi hamparan kayu, beton dan rangka besi yang berserakan bebas. Mirip daerah yang hancur diguncang gempa bumi.

Pagi ini, hingar bingar alunan musik dari cafe dan tempat karaoke pun berubah menjadi benturan besi dan beton bertalu-talu. Keramaian pengunjung berganti jadi kerumunan warga yang menyaksikan prosesi pembongkaran.

Ribuan aparat gabungan Polri, TNI, Satpol-PP dan pihak Pemprov DKI Jakarta ikut memadati kawasan Kalijodo, untuk berjaga-jaga dan mengantisipasi keamanan. (ren)

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya