Seribuan Rumah di Depok Kebanjiran

Banjir di Ragamukti Bojonggede, Depok.
Sumber :
  • Zahrul Darmawan/VIVAcoid

VIVA.co.id – Akibat jebolnya pintu air di kawasan Ragamukti Bojonggede, membuat kali di kawasan Bojongsari Depok meluap, hingga akhirnya merendam dua perumahan, dengan ketinggian lebih dari satu meter.

Viral Video Banjir Parah Menerjang Seoul Korsel yang Memadamkan Listrik di 4.000 Rumah

Akibatnya, ribuan warga dari dua wilayah itu terpaksa dievakuasi menggunakan perahu karet, ke dataran yang lebih tinggi, Minggu 28 Februari 2016.

Tercatat, ada sekitar 1.500 rumah yang terendam, yakni di Perumahan Sawangan Elok RW 7 dan Perumahan Bukit Sawangan Indah (BSI), dengan kondisi terparah di RW 5. Banjir ini terjadi sejak sekitar pukul 18:00 WIB, akibat luapan kali.

KBRI Pastikan Tak Ada WNI jadi Korban Bencana di Korea Selatan

Menurut Mustakim selaku Lurah Duren Mekar, banjir terjadi akibat jebolnya salah satu pintu air di kawasan Desa Raga Mukti, Kecamatan Bojonggede, Kabupaten Bogor, yang mengakibatkan air mengalir hingga ke wilayah Duren Mekar.

"Bersama pihak terkait, kami saat ini sedang mengevakuasi korban ke daerah yang tidak banjir," kata Mustakim.

Bencana Banjir Landa Malaysia, 53.139 Jiwa Terdampak

Ia juga mengakui, sudah menghubungi Palang Merah Indonesia (PMI) Kota Depok untuk meminta bantuan, termasuk dinas terkait.

Kawasan perumahan BSI RW 05, Kelurahan  Duren Mekar, saat musim hujan kerap banjir. Hal ini lantaran kali yang ada di sekitar perumahan tersebut tak sanggup menahan debit air dari wilayah Kabupaten Bogor.

Banjir melanda Kabupaten Aceh Singkil

Bencana Banjir di Aceh Singkil, Ribuan Rumah di 16 Desa Terendam

Banjir yang melanda Kabupaten Aceh Singkil semakin memburuk, menyebabkan ribuan rumah warga di Kecamatan Singkil dan Singkil Utara terendam.

img_title
VIVA.co.id
25 Desember 2023