Ada yang Ingin Istana Banjir, Ahok Temukan Bukti Sabotase

Gubernur DKI Jakarta, Basuki Tjahaja Purnama alias Ahok
Sumber :
  • Fajar Ginanjar - VIVA.co.id

VIVA.co.id – Gubernur DKI Jakarta Basuki Tjahaja Purnama mengaku menemukan upaya sabotase untuk membuat kawasan ring I Istana di kawasan Jakarta Pusat terendam di puncak musim penghujan.

Ini Alasan Ahok Jakarta Kebanjiran Lagi

Satu truk penuh lapisan pembungkus kabel fiber optik ditemukan menyumbat saluran air di bawah trotoar Jalan Medan Merdeka Selatan, di depan Gedung Kementerian Energi dan Sumber Daya Mineral (ESDM).

"Ini gila. Siapa yang masukin kulit kabel sebanyak itu ke dalam got?" ujar Ahok, sapaan akrab Basuki, di Balai Kota DKI, Jum'at, 26 Februari 2016.

Berkas Kasus Kabel di Got Istana Akan Dilimpahkan ke Kejati

Ahok menunjukkan sebuah foto di layar telepon pintarnya. Foto itu memperlihatkan sejumlah petugas Penanganan Prasarana dan Sarana Umum (PPSU) tengah mengangkat tumpukan lapisan kabel dan memasukkannya ke dalam sebuah truk.

Ahok mengatakan sebuah upaya sabotase telah terjadi. Hal itu untuk menunjukkan bahwa dirinya gagal menjamin kawasan Jakarta Pusat terendam. Padahal, kawasan itu adalah kawasan yang upaya pencegahan banjirnya diprioritaskan paska terendam pada musim banjir tahun lalu akibat pompa-pompa yang berfungsi menyedot air dan mengalirkannya ke Waduk Pluit tidak beroperasi akibat aliran listrik mati.

Bidara Cina Banjir Satu Meter

"Ada orang main isu sama saya," ujar Ahok.

Polisi menggelar rekonstruksi pencurian kabel di gorong-gorong di Jalan Medan Merdeka Selatan, Jakarta Pusat, Selasa, 15 Maret 2016.

Jaksa Kembalikan Berkas Pencurian Kulit Kabel ke Polisi

Ada beberapa keterangan saksi yang perlu ditambah.

img_title
VIVA.co.id
27 April 2016