Pohon Bertumbangan, Ahok Salahkan Dinas Pertamanan

Pohon tumbang
Sumber :
  • VIVA.co.id/ Irwandi Arsyad

VIVA.co.id – Gubernur DKI Jakarta, Basuki Tjahaja Purnama, menilai Dinas Pertamanan dan Pemakaman DKI sebagai pihak yang bersalah yang telah mengakibatkan banyak pepohonan tumbang di wilayah Jakarta usai hujan deras.

Satu Motor dan Mobil Tertimpa Pohon Tumbang di Depok

Dinas Pertamanan tidak melakukan tindakan pencegahan dengan memotong dahan dan ranting pohon yang dianggap membahayakan dan dapat dengan mudah tumbang pada musim penghujan saat ini.

"Dinas Pertamanan kita ini enggak berfungsi," ujar Ahok, sapaan akrab Basuki di Balai Kota DKI, Senin, 15 Februari 2016.

Pohon Tumbang Sempat Tutup Jalan Margonda Akibat Hujan Deras

Ahok mengatakan, tindakan pemeliharaan terhadap pepohonan yang seharusnya menjadi tugas Dinas Pertamanan, lebih banyak dilakukan oleh petugas Penanganan Prasarana dan Sarana Umum (PPSU) yang ada di masing-masing kantor kelurahan dan kecamatan. Sementara, petugas PPSU tidak memiliki alat chain saw (gergaji mesin) yang bisa digunakan untuk memotong dahan pohon yang dianggap membahayakan.

Akibatnya, tindakan pencegahan terhadap pohon tumbang tidak optimal. Masih banyak pohon yang dapat dengan mudah tumbang setiap kali Jakarta diguyur hujan deras.

BPBD Sebut 6 Pohon Tumbang di Jakarta Akibat Hujan Disertai Angin Kencang

"Harusnya Dinas Pertamanan yang ngerti ilmu kayak gini (pencegahan pohon tumbang). Harusnya Dinas Pertamanan juga yang siaga di setiap Kecamatan ada. Dinas Pertamanan kita ini nilainya masih B minus," ujar Ahok.

Sebanyak 10 pohon di wilayah Jakarta tumbang usai hujan deras yang mengguyur pada Minggu, 14 Februari 2016. Pusat Pengendalian Operasi (Pusdalops) Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) DKI melaporkan seluruh lokasi pohon tumbang berada di wilayah Kotamadya Jakarta Timur. 10 pohon tumbang antara pukul 14.38 WIB hingga 15.42 WIB. (one)

Viral, Ibu dan Anak di Muna Teruka Kena Angin Helikopter Jokowi

Viral, Ibu-Anak di Muna Luka-luka Tertimpa Pohon Jatuh Imbas Helikopter Jokowi

Ibu dan anak mengalami luka akibat tertimpa pohon tumbang yang terkena hempasan angin helikopter Presiden Jokowi saat mendarat di Alun-alun kota Raha, Muna Senin (13/5).

img_title
VIVA.co.id
16 Mei 2024