Ahok Gusur Kalijodo Sebelum KTT OKI

Ilustrasi/Selembar poster acara hiburan tertempel di kawasan Kalijodo, Jakarta Barat.
Sumber :
  • VIVA.co.id/Anhar Rizki Affandi

VIVA.co.id - Gubernur DKI Jakarta Basuki Tjahaja Purnama menargetkan, kawasan lokalisasi Kalijodo di Kelurahan Pejagalan, Kecamatan Penjaringan, Jakarta Utara, bisa ditertibkan pada bulan ini juga.

Hal itu akan dilakukan memastikan lokalisasi yang telah ramai diberitakan akan ditertibkan sejak beberapa tahun lalu itu telah bebas dari Pekerja Seks Komersil (PSK) dan praktik prostitusi sebelum Konferensi Tingkat Tinggi (KTT) Luar Biasa Organisasi Konferensi Islam (OKI) digelar di Jakarta pada tanggal 6 dan 7 Maret 2016.

"Saya inginnya sebelum jadi tuan rumah (KTT LB OKI), bulan ini harus diberesin," ujar Ahok, sapaan akrab Basuki, di Balai Kota DKI, Senin, 15 Februari 2016.

Ahok mengatakan, Pemerintah Provinsi DKI saat ini tengah mendata warga penghuni Kalijodo. Penghuni yang merupakan pemilik usaha akan disalurkan untuk kembali berdagang di tempat lain di bawah koordinasi Dinas Koperasi, Usaha Mikro, Kecil, Menengah, dan Perdagangan (KUMKMP) DKI dan PD Pasar Jaya.

Djarot: Kolong Tol Kalijodo Incaran Pendatang Baru Jakarta

Pemerintah Provinsi DKI juga akan menyediakan unit rumah susun sederhana sewa (rusunawa) jika para penghuni bertempat tinggal juga di tempat usaha mereka di Kalijodo.

Rencana penertiban lokalisasi Kalijodo kembali ramai diberitakan setelah sebuah kecelakaan terjadi di Jalan Daan Mogot, Jakarta Barat, pada Senin subuh, 8 Februari 2016.

Kecelakaan terjadi antara sebuah mobil Toyota Fortuner bermuatan sembilan orang dan sepeda motor dengan seorang pengendara dan penumpang. Kecelakaan menewaskan kedua penumpang sepeda motor dan dua penumpang mobil.

Polisi menduga kecelakaan terjadi karena pengemudi mobil, RAP (27), kehilangan kendali usai menenggak minuman beralkohol di lokalisasi Kalijodo.

Ahok menganggap hal tersebut merupakan bukti, meski Kalijodo sedikit mendatangkan Pendapatan Asli Daerah (PAD) bagi DKI, lokalisasi itu lebih banyak mendatangkan akibat buruk daripada manfaat.

"Lebih banyak mudarat daripada manfaat. Kita bersihkan saja semua, enggak ada toleransi," ujar Ahok, Selasa, 9 Februari 2016.

RPTRA Kalijodo Ramai di Libur Lebaran
Gubernur DKI Jakarta, Djarot S Hidayat dan Teguh Othenrik di depan tembok Berlin

Pecahan Tembok Berlin Bersemayam di Eks Prostitusi Kalijodo

Tembok Berlin merupakan pemisah antara dua Jerman.

img_title
VIVA.co.id
26 September 2017